suplemenGKI.com

Senin, 10 Juli 2017

09/07/2017

Firman Yang Menyegarkan dan Menyejukkan

Yesaya 55:10-13

 

Pengantar
Petani mesti sabar menantikan masa panen sebab padi baru akan siap dipanen pada umur 3 bulan. Dan supaya padi siap dipanen pada saatnya, petani perlu memastikan sawahnya mendapatkan aliran air yang cukup. Oleh karena itu musim penghujan merupakan musim yang penting bagi para petani. Di musim penghujan akan ada banyak air yang akan memberikan pertumbuhan baik kepada padi. Sebaliknya ketika padi kekurangan air, maka pertumbuhannya akan menjadi abnormal, bahkan terancam kematian. Demikian pula kehidupan kita tanpa Firman Tuhan. Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat 10-11: Bagaimanakah gambaran peran Firman Tuhan dalam ayat-ayat ini?
  • Ayat 12-13: Apa dampak dari Firman Tuhan yang mengalir dalam kehidupan ini?

Firman Tuhan yang mengalir memang bagaikan air yang begitu menyejukkan dan menyegarkan. Kesegaran dan kesejukan yang diberikan adalah berupa penghiburan dan pengharapan seperti yang dikatakan dalam ayat 10. Firman Tuhan dikatakan menyegarkan dan menyejukkan karena mengandung janji Allah kepada umat manusia. Perikop ini ditujukan bagi bangsa Israel yang berada di dalam pembuangan, dan kita tahu bagaimana kehidupan mereka yang seringkali jauh dari Tuhan. Tapi ketika Firman Tuhan disampaikan, mereka seakan mendapatkan kembali pengharapan serta penghiburan karena  Tuhan menyatakan janji-Nya.

Firman Tuhan bukan hanya memberi pengharapan dan penghiburan. Ayat 11 menyatakan bahwa Firman Tuhan yang terus dialirkan juga memberikan sebuah pertumbuhan kerohanian yang baik bagi manusia. Mereka akan diubahkan. Sesungguhnya ketika kita terus dialiri dan mengalirkan Firman Tuhan di dalam kehidupan ini, maka Firman itu tidak akan mengalir dengan sia-sia. Dia akan mengalir seperti air yang membawa kesegaran dalam bentuk penghiburan, selain itu kita pun akan diubahkan dan diberikan sebuah pertumbuhan.

Ayat 12 dan 13 menunjukkan sebuah kehidupan baru yang mereka rasakan. Tuhan yang menyapa mereka membuat mereka merasakan kembali kesegaran dan sebuah kehidupan yang lebih baik. Hal itu digambarkan dengan “gunung dan bukit yang bersorak sorai serta pohon yang bertepuk tangan. Semak duri dan kecubung pun akan diubahkan menjadi pohon sanobar dan pohon murad”. Janji Tuhan yang memberikan pengharapan dan mengubahkan mereka, membuat mereka beria-ria di dalam Tuhan. Bagaimanakah dengan hidup kita? Adakah Firman Tuhan memenuhi kehidupan Anda?

Refleksi
Bayangkanlah hujan yang mengguyur Surabaya di musim kemarau. Pasti akan terasa segar dan menyejukkan. Apakah Anda juga merasakan aliran  Firman Tuhan yang menyejukkan dan menyegarkan hidup Anda?

Tekadku
Ya Tuhan, mampukanlah aku untuk selalu terbuka disapa dan dialiri oleh Firman Tuhan.

Tindakanku
Aku mau bergaul akrab dengan Firman Tuhan dan membagikannya kepada orang lain. Aku akan mencatat pesan Firman Tuhan hari ini dan melakukannya dengan baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«