suplemenGKI.com

Ulangan 30:15-18

MAU PILIH YANG MANA ?

 

Pengantar
Pipo dan Embro adalah dua orang bersaudara yang memiliki cita-cita dan harapan yang sama yaitu menjadi orang yang hidup berkecukupan. Kepala desa menawarkan pekerjaan kepada keduanya untuk menjadi buruh harian yang mengangkut air, dari sumur mata air ke desa yang jaraknya cukup jauh. Keduanya setuju menerima pekerjaan itu dan memperoleh bayaran sesuai dengan banyaknya air yang mampu mereka antar setiap hari. Setiap hari pipo dan Embro mengambil dan mengantar air bagi warga desa. Sambil menjalani pekerjaannya, pipo mencari cara agar air dari sumber mata air bisa langsung mengalir ke desa. Pipo mulai menggali dan membuat pipa air dari sumber mata air kedesa. Namun konsekuensinya dia memperoleh upah hanya sedikit, karena jumlah air yang mampu diantar hanya sedikit. Berbeda dengan Embro yang terus berusaha membawa air sebanyak mungkin. Menerima upah lebih besar dan hidup bersenang senang. Lama kelamaan Embro bertambah usia dan mengalami kelelahan sehingga jumlah air yang diangkat hanya sedikit akibatnya bukan bertambah kaya namun menjadi miskin. Berbeda dengan pipo, dia berhasil menyalurkan air melalui pipa dari sumber mata air ke desanya. Sehingga ia tidak perlu berlelah seperti Embro dan hanya duduk menikmati hasil dari saluran air yang telah dibangunnya.

Kisah Pipo dan Embro sarat pesan dan salah satunya adalah ada banyak pilihan dihadapan kita. Pilihan yang baik dan pilihan yang tidak baik. Setiap pilihan mengandung konsekuensi atau ada resikonya. Oleh karenanya memutuskan pilihan yang akan diambil perlu dengan pertimbangan yang matang dan hati-hati.

Pemahaman

Ayat 15-18           Pilihan dan konsekuensi apa yang ditawarkan Allah melalui Musa kepada bangsa Israel ?

Setelah Musa membawa seluruh bangsa Israel melalui perjalanan yang panjang, tibalah mereka di tanah Moab. Saat bangsa Israel akan memasuki Kanaan, Musa melakukan pembaharuan janji. Salah satu bagian dari janji itu berisi sebuah penegasan bahwa bangsa Israel diminta untuk hidup melakukan segala peraturan dan ketetapan yang telah diberikan oleh Allah agar dengan demikian Allah akan memberkati mereka. Namun keputusan tetap berada ditangan Israel. Bagian teks bacaan memperlihatkan bahwa Allah tetap memberikan kebebasan manakah yang hendak dipilih (ayat 15). Hidup dalam ketaatan dan kesetiaan berarti memperoleh panjang umur dan diberkati (ayat 16) atau memilih jalan kesesatan yang berarti maut (ayat 17-18).

Tindakan Allah menghadapkan pilihan kepada umat merupakan bentuk kebebasan yang Allah berikan. Allah menciptakan manusia dengan kehendak bebas. Manusia bukan robot. Tujuan Allah bukan hanya semata-mata agar umat takut akan Allah tetapi agar manusia menggunakan akal budinya untuk mempertimbangkan segala sesuatu yang akan dilakukannya. Dengan demikian manusia belajar untuk semakin matang dan dewasa dalam bertutur kata dan bertingkah laku.

Berbagai pilihan dalam hidup mengandung konsekuensi. Baik atau buruk. Namun Allah menghendaki umat memilih yang baik agar kebaikan juga datang dalam kehidupan umat. Allah tidak ingin umat mengalami kebinasaan. Allah ingin umat yang dikasihiNya mendapatkan yang terbaik.

Hari ini umat Allah diajak untuk selalu mempertimbangkan segala sesuatu sebelum berucap dan bertindak. Allah menghendaki segala ucapan dan tindakan umat sejalan dengan kehendak Allah. Tidak menyimpang dari ketetapan-ketetapan-Nya. Agar kasih Allah melimpah dalam kehidupan setiap umat-Nya.

Refleksi
Berpikir dan meminta pertolongan Allah sebelum melangkah dan bertindak perlu dilakukan agar keputusan apapun yang diambil adalah yang terbaik. Allah selalu menghendaki umat untuk memilih jalan kehidupan, jalan yang benar, jalan yang tidak serong dari kehendak-NYA

Tekadku
Ya Allah, mampukan saya mengambil keputusan yang benar seturut dengan kehendak-Mu. Anugerahkan hikmat agar tidak jatuh dalam pilihan yang salah, yang merugikan, yang membawa kami dalam kehancuran dan keterpurukan

Tindakanku
Berdoa setiap kali akan mengambil keputusan atau menetapkan pilihan.

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*