suplemenGKI.com

Senin, 1 April 2019

31/03/2019

Penyertaan Tuhan Senantiasa

Yesaya 43:1-7

Pengantar

Pernahkah anda mengalami ketakutan dalam hidup ini, ketakutan yang sangat mencekam. Takut karena tidak berdaya sama sekali, takut karena sudah banyak penderitaan yang menimpanya, takut karena tidak ada yang diandalkan dalam hidupnya. Demikianlah gambaran bangsa Israel yang hidup dalam masa pembuangan, dimana mereka hidup dibawah pemerintahan Babel dan tidak adanya kebebasan dalam hidup mereka. Mereka sebagai orang asing dan tidak mempunyai kekuatan apapun juga. Sehingga mereka sering kali memandang hidup ini dengan pesimis. Kabar apa yang dibawa oleh Yesaya untuk bangsa Israel?

Pemahaman

Ay 1. Apa yang ingin Yesaya katakan kepada bangsa Israel?
Ay 2. Apa yang dijanjikan Tuhan melalui Yesaya?
Ay 3-4. Alasan apa Tuhan menjanjikan semua itu kepada bangsa Israel?
Ay 5-6. Apa yang Tuhan janjikan lagi kepada bangsa Israel?
Ay 7. Bagaimana Tuhan memperlakukan bangsa Israel?

Yesaya membawa kabar gembira kepada bangsa Israel bahwa Tuhan yang menciptakan Israel berjanji akan menyertai perjalanan bangsa Israel, karena Israel telah ditebus, dipanggil dan kepunyaan Tuhan sendiri. Maka bangsa Israel diharapkan jangan takut kepada siapapun juga karena penyertaan Tuhan itu nyata.

Penyertaan Tuhan akan dinyatakan dalam perjalanan hidup bangsa Israel baik melalui air, sungai dan api. Bangsa Israel mungkin akan melewati mara bahaya, namun Tuhan berjanji untuk tetap menyertai dan menyelamatkan mereka.

Tuhan mengingatkan bahwa Tuhan adalah kudus dan Tuhan penyelamat bangsa Israel dari penjajahan bangsa Mesir. Tuhan yang telah menebus bangsa Israel, dan Tuhan juga memberikan daerah/tanah untuk mereka kuasai atau duduki.

Tentunya selama tinggal di Babel bukanlah hal yang menyenangkan bagi bangsa Israel, mereka sangat menderita terutama  tidak memiliki kebebasan karena mereka diambil dan dijadikan budak/tawanan oleh Babel. Sebagian dari mereka hidup pesimis karena mereka merasakan seolah-olah Tuhan tidak memperhatikan lagi.

Yesaya membawa kabar bahwa Tuhan akan mendatangkan anak-anak dan cucu-cucu mereka, itu berarti Tuhan akan menyertai mereka dan bahkan mereka mempunyai anak-anak sampai mereka melihat cucu-cucunya. Tuhan tetap berharap bahwa bangsa Israel tetap memuliakan nama Tuhan, karena Tuhanlah yang empunya semuanya ini.

Refleksi
Ambil beberapa menit untuk merenungkan: Pernahkah saya begitu ketakutan dalam menjalani hidup ini? Apakah ketika saya mengalami ketakutan saya merasa tidak disertai Tuhan?

Tekadku
Ya Tuhan, sering kali persoalan dan masalah hidup kami membuat kami takut dan bahkan ragu-ragu untuk dapat menjalani hidup ini. Karena itu yakinkanlah kepada kami akan penyertaanMu yang setia kepada kami semua. Amin

Tindakanku
Ketika saya menghadapi persoalan atau masalah, saya akan segera datang atau mencari Tuhan agar saya tenang menghadapi persoalan atau masalah saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«