suplemenGKI.com

SENIN, 1 APRIL 2013

31/03/2013

WAHYU 1:4-8

“KASIH DAN KUASANYA NYATA BAGIKU DAN KAMU”

 

PENGANTAR
Bacaan kita menceritakan situasi sulit yang dihadapi gereja pada saat itu. Domitian, Kaisar Romawi waktu itu, memerintahkan seluruh penduduk dalam wilayah pemerintahannya untuk menyembah dan mengakui Kaisar sebagai Tuhan. Orang-orang Kristen tidak mau menaatinya, akibatnya mereka mengalami tekanan dan penganiayaan, bahkan tidak sedikit yang mati martir karena iman mereka. Melihat kenyataan yang demikian banyak yang mulai meragukan pribadi dan kuasa Tuhan Yesus.  

PEMAHAMAN
Temukan dalam bacaan hari ini bagaimana Rasul Yohanes menguatkan orang-orang percaya melalui pernyataan-pernyataannya tentang Yesus Kristus:

  1. Apa saja yang Ia sebutkan tentang Kristus?
  2. Apakah setiap pernyataan yang Ia sebutkan itu juga menimbulkan iman dan pengharapan bagi Anda dan setiap orang percaya yang berada dalam berbagai pergumulan hidup? 

Lewat wahyu kepada Yohanes, Yesus menguatkan orang percaya agar dalam penderitaan seberat apa pun mereka tetap mengalami anugerah dan damai sejahtera-Nya yang memberi kekuatan dan penghiburan (ay. 4). Kekuatan dan penghiburan itu menjadi pasti ketika orang percaya juga mengingat bahwa Tuhan adalah Tuhan yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan itu berarti Ia juga berkuasa atas kaisar dan penguasa di bumi (ay. 5). Tidak boleh dilupakan juga bahwa Ia adalah Allah yang menciptakan seluruh alam semesta dan segala bangsa ada dalam genggamanNya (ay. 7).  Bukan hanya itu, Ia akan datang kembali dengan kuasa dan dalam kemuliaanNya untuk membawa orang percaya bersama-sama dengan Dia selama-lamanya.

Kesaksian tentang siapa Allah yang kita sembah inilah yang menjadi dasar iman dan sekaligus pengharapan setiap orang percaya dalam menghadapi segala ‘kuasa’ apapun yang menakutkan di dunia ini, menghadapi segala ketidakpastian dan kekalahan yang mungkin dihadapi orang percaya karena memperjuangkan imannya kepada Allah. Percayalah, itu semua tidak akan sia-sia. Kemenangan Allah juga menjadi jaminan kemenangan setiap orang percaya atas segala derita di dunia ini.

REFLEKSI
Duduklah dengan tenang, bukalah agenda Anda (jika ada), lalu periksalah kejadian-kejadian yang Anda hadapi dalam 1-2 minggu terakhir. Temukan kejadian-kejadian yang menunjukkan bahwa Tuhan mengasihi, menguatkan, dan menghibur Anda dikala ada hal-hal yang mungkin Anda rasa berat/kurang menyenangkan di minggu kemarin. 

TEKADKU
Allah Bapa yang di Surga, terima kasih karena aku memiliki Allah yang bukan hanya membuat aku ada di dunia ini, tetapi yang juga memelihara dan menuntun jalan hidupku hingga nanti tiba saatnya aku tiba di rumah Bapa.  Bila sekarang hidupku masih belum bisa dikatakan ringan dan enak, kutahu itu karena aku bukan berada di rumah Bapaku. Ini semua hanyalah sementara. Kuatkan aku ya Bapa melewati segala rintangan yang ada, supaya aku tidak melenceng dan dapat menyelesaikan perjalanan hidupku dengan penuh kemenangan karena Engkau ada bersamaku.

TINDAKAN
Aku akan membuat orang lain juga merasakan kebaikan Tuhan seperti yang sudah kuterima dariNya dengan cara: ___________________________________________________________

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*