suplemenGKI.com

Ulangan 30:11-14

TAAT ITU SUKAR?

PENGANTAR
Tuhan menghendaki kita hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Karena itulah Ia memberikan firman-Nya kepada kita. Namun, pada kenyataannya, masih banyak di antara kita yang tetap melakukan berbagai macam dosa meskipun kita tahu bahwa firman Tuhan melarang kita melakukannya. Ada beberapa bagian dari firman Tuhan yang kita abaikan, msekipun kita pernah membacanya. Mengapa demikian? Kita mengabaikan firman Tuhan karena kita berpikir bahwa firman Tuhan itu terlalu ideal dan mustahil untuk dilakukan. Benarkah demikian?

PEMAHAMAN

Ay. 11-13   Firman Tuhan manakah yang menurut Anda paling sukar Anda
lakukan?  Apa yang Tuhan lakukan untuk mempermudah kita
melakukan firman-Nya?

Ay. 10-12   Sebutkanlah dua hal yang harus kita lakukan agar firman Tuhan
tetap dekat dengan kita. Menurut Anda, apa artinya?

Melakukan firman Tuhan memang tidak mudah. Sebagian dari kita bahkan memiliki semacam “titik lemah” di bagian tertentu di dalam diri kita sehingga kita selalu jatuh pada dosa dan kesalahan yang sama. Kejatuhan yang berulang-ulang sering membuat kita putus asa. Kita berpikir bahwa ayat-ayat tertentu dalam firman Tuhan tidak mungkin kita lakukan.

Tuhan tidak pernah tinggal diam dengan kesulitan yang kita alami, termasuk kesulitan pada waktu melakukan firman-Nya. Karena itu, Tuhan mendekatkan firman-Nya kepada kita. Kedatangan Yesus Kristus ke dunia adalah salah satu cara Allah untuk mendekatkan firman-Nya kepada kita.  Selain itu, keberadaan Alkitab – firman Allah yang tertulis – juga sangat menolong kita semakin dekat dengan firman-Nya. Demikian juga, kehadiran Roh Kudus di dalam hati kita, adalah anugerah yang diberikan Allah untuk menolong kita memahami firman-Nya.

Melalui itu semua, Allah telah mendekatkan firman-Nya kepada kita. Firman itu ada di dalam mulut kita. Apa artinya? Kita dapat membaca dan menghafalkan firman Allah itu. Firman itu juga ada di dalam hati kita. Apa artinya? Kita dapat mempelajari firman Tuhan dan memahaminya dengan sepenuh hati kita. Dengan demikian, melakukan firman Tuhan bukanlah sesuatu yang mustahil!

REFLEKSI
Firman Tuhan manakah yang selama ini paling sukar Anda lakukan? Apa yang telah Tuhan lakukan untuk menolong Anda?

TEKADKU
Tuhan, berikanlah kepadaku ketekunan untuk membaca dan mempelajari firman-Mu agar firman-Mu semakin dekat dengan aku.

TINDAKANKU
Bacalah dan pelajarilah kembali firman Tuhan yang menurut Anda sulit atau mustahil untuk Anda lakukan. Diskusikanlah ayat tersebut dengan seorang teman Anda (atau, dengan seorang pendeta) untuk lebih memahami artinya. Diskusikanlah juga bagaimana seharusnya ayat tersebut dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«