suplemenGKI.com

Selasa,12 Maret 2013

11/03/2013

TUHAN YANG MEMULIHKAN HIDUP

 

Mazmur 126

 

Pengantar
Kita sering menganggap bahwa sukacita dan berkat yang TUHAN anugerahkan adalah balasan atas kerja keras dan perjuangan berat hidup kita. Dengan pola anggapan atau pemikiran yang demikian maka kita juga memperlakukan orang lain dengan ukuran atau penilaian tersebut. Jika ada orang yang miskin atau hidup dalam kesederhaan, maka ia kurang bersukacita dan kurang diberkati. Umat TUHAN pernah berada dalam situasi yang amat menderita dan kemudian mereka sangat berharap akan pemulihan  dari TUHAN. Mari kita perhatikan hal ini dalam pembacaan hari ini.

Pemahaman
Ayat 1 – 3             :  Mengapa umat sangat bersukacita ?

Ayat  4                 : Apa arti dari pemulihan seperti yang yang digambarkan dalam pengharapan umat ?

Ayat  5 – 6            :  Benarkah pernyatatan ini ? Kerja keras dan perjuangan berat merupakan penyebab   datangnya sukacita dan berkat ?

Ada kalanya kita seperti orang yang bermimpi, atau yang tidak menduga bahwa ada suatu ‘berkat’ luar biasa yang terjadi dalam kehidupan kita. Apalagi itu merupakan sesuatu yang sangat kita harapkan. Umat TUHAN dalam penderitaannya sungguh berharap mendapatkan suatu pemulihan dan ketika itu terwujud maka mereka sungguh bersukacita. Itu bukan karena kerja keras dan perjuangan berat dalam hidup mereka tapi karena ALLAH bertindak. ALLAH melakukan perkara besar kepada mereka.

Pemulihan yang umat harapkan ialah pemulihan yang ‘mendasar’, seperti pulihnya sumber air yang kering yang kemudian memancarkan dan mengalirkan air kembali. Hidup mereka dipulihkan bukan untuk dinikmati oleh mereka sendiri, tapi untuk menjadi berkat bagi banyak bangsa.

Sesungguhnya Pemasmur hendak menyatakan bahwa sukacita dan berkat bukanlah hasil jerih payah umat. Pemulihan adalah karya ALLAH. Kerja keras dan perjuangan adalah hasil dari pemulihan tersebut. Tanpa TUHAN maka tak ada kerja keras dan perjuangan yang membawa sukacita dan berkat sejati

Refleksi
Marilah kita coba merenungkan beberapa hal berikut ini:

  • Hal apa yang paling kita harapkan dalam hidup kita ?
  • Apakah pengharapan kita adalah untuk mendapat hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita sendiri ?
  • Jika kita telah bekerja keras dan berjuang, apakah itu berarti TUHAN akan menjawab harapan kita sebagai sebuah balasan ?

Tekadku
Memohon TUHAN untuk memulihkan kehidupanku, agar dapat bekerja dan berjuang secara giat dan gigih untuk berguna bagi sesama dan memuliakan TUHAN

Tindakanku
Bersukacita atas setiap karya pemulihan yang TUHAN kerjakan dalam hidupku mulai hari ini

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«