suplemenGKI.com

Selasa,12 Juni 2012.

11/06/2012

Bacaan : Yehezkiel 17 : 22-24.

ALLAH HADIR UNTUK MENAUNGI /MENGAYOMI.

Kemarin kita merenungkan tentang penderitaan umat Yehuda dibawah penindasan raja Nebukadnezar.  Hari ini kita akan melanjutkan tentang janji Allah  kepada umat Yehuda   [Yahudi] ditengah-tengah penderitaan di negeri Babel.

Pertanyaan Penuntun.

  1. Bagaimana sikap Tuhan kepada umat terbuang ? apakah ada janji pemulihan ? apa yang dimaksud dengan kalimat “Aku sendiri akan mengambil  sebuah carang dari puncak pohon aras yang tinggi dan menanamnya ? [ayat 22]
  2. Gambaran apakah yang dipakai oleh Yehezkiel untuk  menyatakan kepedulian dan pertolongan Tuhan yang akan dinyatakan kepada umat terbuang ? [ayat 23]
  3. Bagaimana Tuhan menjalankan rencanaNya ? [24]
  4. Bagaimana kita meresponi kehadiran Tuhan ketika kita sedang dalam pergumulan ?

RENUNGAN.

Tuhan selalu peduli kepada umatNya apalagi ketika umatNya sedang dalam penderitaan. Namun kenyataan tersebut jarang dimengerti oleh umatNya yang sedang menderita. Mereka justru menganggap sebaliknya yaitu bahwa Tuhan tidak peduli kepada mereka yang sedang menderita. Dalam situasi seperti itulah nabi Yehezkiel memberitakan tentang janji-janji Allah, bahwa Tuhan sangat peduli kepada umatNya. Lalu apa buktinya ?

Pertama : Allah berjanji  akan membangkitkan Mesias.[ 22].
“Aku sendiri akan mengambil sebuah carang…….dan Aku….akan menanamnya diatas sebuah gunung yang menjulang tinggi keatas”. Ayat ini menunjuk kepada Sang Mesias, Yesus Kristus sang Tunas dari tunggul Isai yang akan membawa kesejahteraan, keadilan,  kebenaran dan kebaikan. Sang Mesias yang dijanjikan inilah yang akan menolong umatnya yang sedang mengalami penderitaan.

Kedua : kehadiran Sang Mesias  akan  mengayomi umatNya.
Di tangan Allah, Tunas yaitu carang dari puncak dan pucuk yang diambil dan ditanam oleh tangan Allah sendiri  akan tumbuh menjadi pohon aras Libanon yang besar, bentuknya seperti payung, batangnya besar dengan cabang-cabang dan carang yang berdaun lebat.  Kayunya sangat keras, tahan lama dan baunya harum. Kemegahan kayu aras ini sangat terkenal, tingginya mencapai lebih dari 30 meter. Anatomi pohon aras ini merefleksikan kehadiran Allah  yang besar dan teduh. Kehadiran Allah ditengah-tengah umatNya yang sedang menderita dapat menaungi dan melingkupi. Umat bernaung dibawahnya, seperti segala macam burung bernaung dibawah cabang-cabang pohon aras. Dialah yang layak menjadi tempat naungan dan pengayoman umat.
Dari dulu sampai sekarang, Tuhan selalu menjadi tempat  naungan dan pengayoman yang tepat bagi umatNya. Jika demikian mengapa kita tidak menjadikan Dia [Tuhan] sebagai tempat naungan dan pengayoman kita ? dalam situasi dan kondisi apapun seharusnya kita terus menjadikan Tuhan menjadi tempat bernaung dan pengayoman kita, sehingga kita terus merasakan keteduhan, kesejahteraan, dalam naungan Tuhan. Bagaimanakah dengan anda ? sudahkah anda menjadikan Yesus Kristus sebagai tempat perlindungan dan pengayoman anda ? mulailah dari sekarang.

 

TuhanYesus adalah tempat yang paling tepat untuk berindung”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«