suplemenGKI.com

TUHAN MENGARAHKAN KEHIDUPAN

2 Raja-raja 8:1-6

 

Pengantar
Semua orang senang apabila mampu mendengarkan nasehat dari Allah. Nasehat Allah pasti membawa setiap orang mengalami proses dan perubahan hidup yang lebih baik. Nasehat Allah juga dapat membuat seseorang menjadi kuat dalam mengalami kesulitan. Sayangnya, tidak semua orang peka dalam mendengarkan nasehat dari Allah. Perempuan Sunem menjadi salah satu contoh bagi kita tentang kepekaan dalam menuruti apa yang Tuhan katakan melalui Elisa.

Pemahaman

  •  Ayat 1-2               : Mengapa perempuan Sunem meninggalkan daerahnya?
  •  Ayat 3-6               : Bagaimana cara Tuhan bekerja dalam kehidupan perempuan Sunem?

Perempuan Sunem bukanlah seorang tokoh yang asing dalam 2 Raja-raja karena tokoh ini sudah pernah diperkenalkan pada pasal yang ke empat (2Raj. 4:8-37). Perempuan Sunem sudah mengalami perbuatan besar (mukjizat) yang terjadi melalui Elisa. Pertama, Elisa bernubuat tentang kelahiran anaknya di tahun yang akan mendatang, akan tetapi setelah anak itu besar ia mati. Kedua, Elisa membangkitkan anak perempuan Sunem yang sudah mati. Melalui bagian ini, kita menemukan perempuan Sunem sebagai seorang yang taat pada Tuhan melalui perkataan Elisa, sang abdi Allah.

Kepekaan hati perempuan Sunem terhadap apa yang disampaikan oleh Elisa membuatnya mudah untuk mengenali suara Allah. Perempuan Sunem memposisikan Elisa sebagai abdi Allah yang menyampaikan pesan dan nubuat yang perlu diikutinya. Karena kepekaan itulah, perempuan Sunem menjadi seorang yang sangat patuh terhadap perkataan Elisa. Dalam bacaan ini, kita tidak menemukan perempuan Sunem yang bernegosiasi dengan apa yang diperintahkan Tuhan melalui Elisa. Padahal, meninggalkan tanah Sunem untuk pergi menuju perantauan sangatlah tidak mudah. Apalagi ketika ia harus meninggalkan harta miliknya sebab ia adalah orang yang kaya (2Raj. 4:8).

Setelah lewat dari tujuh tahun, perempuan Sunem meninggalkan negeri orang Filistin sebagai tempat tinggalnya untuk kembali ke daerah asalnya. Dalam sistem pemerintahan saat itu, perempuan Sunem memiliki hak untuk bertemu dengan raja dan meminta kembali rumah dan ladang yang pernah ia tinggalkan karena merantau selama tujuh tahun lamanya. Di saat yang sama, raja sedang bercakap-cakap dengan Gehazi tentang “perbuatan besar” yang dilakukan oleh Elisa. Dalam beberapa rumusan tulisan di Perjanjian Lama, perbuatan besar mengacu kepada mukjizat. Jadi, raja sedang menanyakan kepada Gehazi yang menjadi saksi dari perbuatan-perbuatan Allah melalui Elisa tentang mukjizat yang pernah terjadi. Dalam bacaan ini, kehadiran mukjizat kepada perempuan Sunem juga dikaitkan dengan kehadiran Tuhan di dalam kehidupannya. Maka, ketika perempuan Sunem datang menemui raja, dengan mudahnya raja juga memberikan kembali rumah serta ladang yang ditinggalkan oleh perempuan Sunem dan keluarganya.

Perjumpaan antara Elisa dengan perempuan Sunem terjadi berkat tuntunan Allah. Respons yang diberikan oleh perempuan Sunem adalah bentuk kepatuhan akan apa yang disampaikan oleh Elisa sebagai penyambung komunikasi antara manusia dengan Allah. Kepekaan dan kepatuhan perempuan Sunem berhasil menempatkan dirinya untuk tunduk pada setiap rencana Allah. 

Refleksi
Dalam menjalani aktivitas setiap hari, kita perlu mencontoh sikap perempuan Sunem yang selalu menempatkan Allah sebagai pengarah kehidupan. Perempuan Sunem selalu mendengarkan suara-Nya melalui Elisa. Meski rintangan hidupnya sulit, tetapi kepekaan hati serta kepercayaannya pada tuntunan Allah justru mampu membuatnya terhindar dari berbagai kesulitan hidup. Allah juga mengarahkan hidup kita agar kita mengalami proses yang baik dan tepat. Kita perlu membuka hati kita agar lebih peka terhadap arahan-Nya dan mampu mengikuti keinginan-Nya di dalam kehidupan kita setiap hari.

Tekadku
Tuhan, bukalah hati ini agar saya semakin peka terhadap suara-Mu yang mengarahkan kehidupan. Biarlah saya belajar untuk mengikuti arahan-Mu seumur hidup. 

Tindakanku
Saya akan mendoakan setiap rencana yang akan saya lakukan selama seminggu ini supaya saya semakin peka atas kehendak dan arahan Allah di dalam hidup ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«