suplemenGKI.com

TINGGIKANLAH TUHAN, RAJA HIDUP KITA

Mazmur 99

Mazmur ini adalah  madah yang mengungkapkan TUHAN sebagai Raja.

Ayat 1-3          : Gambaran apakah yang dipakai Pemazmur untuk mengungkapkan tentang karya TUHAN?

Ayat 4-5          :  Bagaimanakah TUHAN digambarkan dalam bagian ini?

Ayat 6-9          :  Apakah yang dilakukan oleh pemazmur setelah mengingat dan mensyukuri karya dan kuasa TUHAN, Sang RAJA ?

Renungan

Siapakah TUHAN bagi Saudara? Mazmur 99 mengungkapkan pengakuan pemazmur tentang siapakah TUHAN baginya. Yang pertama pemazmur mengakui  bahwa TUHAN adalah RAJA yang besar. Kebesaran TUHAN nyata melalui kekuasaan-Nya yang membuat bangsa-bangsa gemetar, bumi goncang dan mengatasi segala bangsa. Pemazmur mau menyatakan kekuasaan TUHAN yang dahsyat melebihi apa pun.

Yang kedua, pemazmur mengakui bahwa TUHAN adalah RAJA  yang mencintai hukum. Hukum selalu terkait dengan kebenaran dan keadilan. Pemazmur mau mengungkapkan bahwa TUHAN adalah RAJA yang menggunakan kekuasaaan-Nya untuk menegakkan keadilan dan kebenaran. Dia berbeda dengan raja-raja dunia yang suka menyelewengkan kebenaran dan keadilan.

Yang ketiga pemazmur mengakui bahwa TUHAN adalah RAJA yang menjawab seruan para hamba-Nya. Pemazmur menyebutkan secara khusus nama Musa, Harun dan Samuel. Mereka adalah imam ALLAH. Mereka menjadi perantara untuk berjumpa TUHAN dan menyampaikan permohonan-permohonan kepada-Nya. Pengakuan  ini merukan kesaksian iman pemazmur bahwa TUHAN adalah RAJA yang selalu mendengar seruan rakyat-Nya. Dia tidak sama dengan raja-raja dunia yang seringkali menutup telinga dan hati mereka dari seruan rakyatnya.

Apakah dampak pengakuan iman tersebut? Pemazmur mengatakan: Kuduslah TUHAN! Dia sungguh menyadari akan kebesaran kasih dan kuasa TUHAN sehingga ingin mau tunduk dan takluk kepada kuasa-Nya.

Siapakah TUHAN bagi Saudara?  Apakah Saudara merasakan kehadiran karya TUHAN sebagai RAJA yang maha besar, yang selalu menegakkan kebenaran dan keadilan serta yang menjawab seruan umat-Nya? Apakah Saudara mau tunduk dan takluk pada  kuasa TUHAN?

Sesungguhnya pengakuan iman akan TUHAN sangat penting namun tidak cukup hanya dengan mengucapkan pengakuan iman. Pengakuan itu mesti berlanjut dalam kehidupan sehari-hari yang meninggikan nama TUHAN, Raja hidup kita serta menundukkan diri dihadapan-Nya.

Begitu banyak orang mengetahui akan kebesaran kekuasaan TUHAN, namun demikian susah menundukkan diri di hadapan TUHAN karena lebih dikuasai oleh dirinya sendiri.

Mengakui TUHAN sebagai Sang RAJA kehidupan berarti hidup menguduskan DIA,  meninggikan nama-Nya serta tunduk dan takluk kepada-Nya senantiasa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«