suplemenGKI.com

Dengarkanlah Seruan Alam Raya

Mazmur 19:1-7

Pengantar

Manusia modern yang hidup diperkotaan seringkali abai terhadap alam di sekitarnya. Ia tak peka dengan tanda-tanda yang diberikan oleh alam. Memang alam tak berkata-kata seperti manusia. Namun sebenarnya alam raya dengan segala keindahan, kedahsyatan kekuatannya serta serba keteraturan siklusnya menyampaikan jauh lebih banyak dari kata-kata. Gemanya yang terpencar ke seluruh dunia cukup untuk menyadarkan kita tentang siapa Sang Pencipta dan Pemelihara di balik itu semua. Manusia sejak awal penciptaan diberi kepercayaan untuk ikut memelihara kehidupan dan mengelola alam raya ciptaan Tuhan. Namun apakah tugas mulia itu sudah kita lakukan dengan baik? Apakah kita sudah menjadi pemelihara kehidupan yang setia?

Pemahaman

Ayat 2         :Apa yang di”cerita”kan oleh langit dan cakrawala menurut Pemazmur?

Ayat 3-5a   :Menurut Sdr apa yang dimaksudkan oleh Pemazmur bahwa “suara mereka tak terdengar, namun gemanya terpencar ke seluruh dunia”?

Ayat 5b-7   :Apa makna perumpamaan tentang kemah yang terpasang di langit bagi matahari dan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya?

Apa yang diperlihatkan dan digemakan oleh alam raya jauh lebih banyak dari kata-kata yang bisa diucapkan oleh manusia. Keteraturan perjalanan waktu, hari berganti hari, seharusnya mengundang kekaguman seperti Pemazmur yang melihatnya bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya dan siap melakukan perjalanan. Hanya orang bebal yang tidak menyadari kemuliaan Tuhan yang terekspresi melalui alam raya dengan segala benda langit yang diciptakanNya. Ia menciptakan semua itu dengan FirmanNya (Kejadian 1:1-31). Kita, yang diciptakanNya serupa dan segambar dengan Dia, pasti juga dikarunia kuasa dalam berkata-kata.

Refleksi

Di tengah berbagai kesibukan hidup sehari-hari, masih sempatkah aku menyisihkan waktu untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui alam raya ciptaanNya? Apakah kata-kata yang kuucapkan memelihara atau justru membinasakan kehidupan?

Tekad

Aku bertekad untuk menjadi lebih peka akan kehadiran Tuhan dan mencintai alam lingkungan hidup di sekitarku. Aku juga bertekad menjaga agar setiap perkataan yang keluar dari mulut bibirku adalah kata-kata yang membangun kehidupan.

Tindakan

Mulai hari ini aku berhenti bersikap dan berkata-kata seperti orang bebal yang abai terhadap tugas dan panggilanku sebagai pemelihara kehidupan sesama dan alam lingkungan ciptaanNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«