suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Raja Raja 5:6-27

 

TUHAN ADALAH SUMBER KESEMBUHAN

 

PENGANTAR
Jika seseorang mengalami sakit serius, maka langkah pertama yang dilakukan adalah berobat ke dokter, bahkan yang spesialis. Tak peduli ia harus bayar mahal, menjual ini dan itu, hanya untuk memperoleh kesembuhan, bahkan tak jarang habis-habisan harta kekayaannya untuk sebuah kesembuhan.

Naaman sedang dalam perjalanan ke Samaria ke tempat sang nabi yang disebutkan oleh gadis Israel yang bekerja di rumahnya. Naaman membawa persembahan sepuluh talenta perak, enam ribu syikal emas dan sepuluh potong pakaian, itu merupakan jumlah yang sangat besar untuk sebuah kesembuhan. 

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana perjalanan Naaman mencari kesembuhan? (ayat 6-8)
  2. Bagaimana sikap Elisa terhadap Naaman? Apa yang dikatakannya? (ayat 9-10)
  3. Bagaimana respon Naaman terhadap pernyataan Elisa? Bagaimana upaya pegawainya membujuk Naaman untuk menuruti kata-kata Elisa? (ayat 11-13)
  4. Bagaimana Naaman memperoleh kesembuhan? (ayat 14-15)

Dalam perjalanan mencari kesembuhan, nampaknya Naaman mendapat restu resmi dari raja Aram. Ia membawa surat raja Aram dan disampaikan kepada Raja Israel. Setelah membaca surat dari Raja Aram, Raja Israel mengoyakkan pakaiannya dan menyatakan bahwa Raja Aram mencari gara-gara terhadap Israel. Raja Israel tersinggung oleh surat itu, karena beberapa waktu sebelumnya Israel dikalahkan oleh Kerajaan Aram bahkan bahkan mengalami penjarahan.

Ketika Elisa mendengar kemarahan Raja Israel, ia mengirimkan pesan kepada Raja Israel agar Naaman datang kepadanya, hal itu dilakukan untuk menunjukkan kepada Naaman bahwa di Israel ada nabi Allah. Setibanya Naaman di kediaman Elisa, disuruhnyalah Naaman mandi di sungai Yordan, perintah sang nabi sangat sederhana, namun Naaman meresponinya sebagai penghinaan, itu sebabnya ia menjadi gusar, panas hati dan enggan menuruti perintah Elisa. Naaman membandingkan dengan cara penyembuhan yang dilakukan oleh tabib-tabib Kerajaan Aram (ayat 11) juga sungai yang ditunjuk oleh sang nabi bukanlah sungai yang baik.

Bagi Elisa mendapat anugerah kesembuhan dari Tuhan bukan soal cara dan tempat tapi soal ketaatan kepada perintah Tuhan, dan hal inilah yang dipahami oleh para pegawai Naaman yang segera membujuk Naaman agar bersedia mandi di sungai Yordan sesuai petunjuk sang nabi, bukankah ini sangat mudah untuk dilakukan? Bahkan seandainya sang nabi mengatakan yang sulitpun, Naaman pasti akan melakukan?  Atas bujukan para pegawainya akhirnya Naaman bersedia mandi dan membenamkan diri sebanyak tujuh kali di sungai Yordan, dan Naaman pun sembuh dari penyakitnya.

Setelah Naaman mengalami kesembuhan, ia dan para pegawainya kembali ke kediaman Elisa. Disana Naaman mengakui bahwa, “ Di seluruh bumi tidak ada Allah, kecuali di Israel.” (ayat 15). Ia mengucap syukur kepada Allah yang telah menyembuhkannnya.  Pengalaman Naaman bisa menjadi pengalaman kita juga. Amin

REFLEKSI
Marilah kita mengambil saat hening sejenak untuk merenungkan, bahwa TUHAN adalah sumber kesembuhan. Sesungguhnya IA bisa menyembuhkan sakit penyakit, sakit hati, bahkan penyakit dosa

TEKADKU
Tuhan tolonglah saya, agar saya sembuh dari sakit apapun, agar saya juga dapat menyembuhkan orang lain juga

TINDAKANKU
Hari ini saya akan membawa orang lain yang mengalami sakit rohani untuk disembuhkan Tuhan Yesus

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«