suplemenGKI.com

Selasa, 8 Maret 2016

07/03/2016

Yesaya 43:20-21

Menjadi Saksi Allah

 

PENGANTAR
Saksi adalah seseorang yang mempunyai informasi penting mengenai suatu kejadian melalui indera mereka (mis. penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan) dan dapat membantu untuk memastikan hal-hal penting dalam suatu peristiwa atau kejadian. Seorang saksi yang melihat suatu kejadian secara langsung dikenal juga sebagai saksi mata. Biasanya seorang saksi sering dipanggil ke pengadilan untuk memberikan kesaksiannya dalam suatu proses peradilan. Itulah sebabnya menjadi seorang saksi mengandung tanggungjawab moral yang sangat besar. Lalu bagaimanakah jika peran menjadi seorang saksi ditempatkan dalam konteks iman?

PEMAHAMAN
Yesaya 43:20-21         Apakah rencana terbesar Allah atas kehidupan umat-Nya di masa depan?

Yesaya berada bersama bangsa Israel di tanah pembuangan. Saat seluruh umat Allah itu tengah berada dalam keterpurukan. Yesaya menyampaikan firman Allah tentang rencana Allah atas masa depan bangsa Israel. Allah akan memulihkan dan memperbaharui kehidupan umat-Nya agar mereka dapat menjadi saksi Allah bagi dunia.

Menjadi saksi memiliki tanggungjawab yang sangat besar. Apalagi jika peran yang dilakukan adalah menjadi saksi bagi Allah. Menjadi saksi bagi Allah berarti berani menyatakan karya Allah bagi semua mahluk. Tentulah kesaksian-kesaksian yang kita nyatakan haruslah berdasarkan pengalaman-pengalaman iman yang kita alami dan rasakan. Tidak mungkin kita menjadi saksi Allah jika kita tidak memiliki atau mengalami pengalaman-pengalaman iman bersama Allah.

Namun kesadaran akan tugas panggilan menjadi saksi Allah bagi dunia seringkali diangap sepele. Umat Allah sibuk dengan berbagai kegiatan rohani atau spiritual lainnya, dan tanpa sadar telah melupakan tanggungjawab menjadi saksi Allah bagi dunia. Padahal Allah telah memanggil dan menetapkan kita menjadi umat pilihan-Nya bukan untuk sibuk dengan diri kita sendiri tetapi untuk menjadi saksi-Nya bagi dunia.

REFLEKSI
Sudahkah aku merasakan kasih Allah dalam hidupku? Sudahkah kasih-Nya yang besar itu telah aku nyatakan kepada sesamaku manusia, hewan dan tumbuhan?

TEKAD
Aku mau menyatakan kesaksian tentang kasih Allah kepada seluruh ciptaan Allah.

TINDAKAN
Menyatakan kepedulian kepada sesama. Menjaga dan melestarikan lingkungan tempat tinggal. Ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial di lingkungan gereja dan masyarakat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»