suplemenGKI.com

Selasa, 7 Maret 2017

06/03/2017

Aman Bersama TUHAN

Mazmur 121

 

Pengantar
Setiap orang menginginkan keamanan. Artis atau orang- orang yang duduk di kursi pemerintahan tidak jarang menggunakan jasa bodyguard, supaya mereka bisa merasa aman ketika mereka harus pergi ke tempat-tempat umum. Kita tidak hanya merindukan keamanan untuk diri kita secara pribadi, melainkan juga keamanan untuk harta benda kita, salah satunya adalah untuk rumah kita. Terkait keamanan untuk rumah, umumnya banyak orang menggunakan CCTV. Bodyguard atau CCTV adalah upaya yang dilakukan orang untuk mendapatkan keamanan itu. Namun sesungguhnya di balik semua hal itu, percayakah Anda bahwa ada satu keamanan yang bersifat Ilahi?

Pemahaman

  • Ayat 1-4: Apa yang menjadi keyakinan Pemazmur?
  • Ayat 5-8: Bagaimana ALLAH menjaga umat-Nya?

Ketika orang menggunakan berbagai macam cara untuk memperoleh keamanan, ALLAH memberikan kepastian bahwa Dia yang sesungguhnya akan menjaga umat-Nya. Mazmur 121 ini merupakan mazmur nyanyian ziarah yang digunakan oleh para peziarah dalam perjalanan mendaki Gunung Sion selama pesta-pesta besar di Bait Suci. Di dalam perjalanan ziarah, umat sesungguhnya merindukan sebuah pertolongan, karena apapun bisa terjadi sepanjang perjalanan mereka. Tidak jarang mereka harus menghadapi perampok atau binatang buas, sehingga mereka pun merindukan sebuah keamanan.

Ayat 2-4 merupakan keyakinan umat yang dimulai dengan iman akan pertolongan dari TUHAN yang menjadikan langit dan bumi. Umat pun dengan jelas meyakini bahwa TUHAN tidak pernah membiarkan kaki mereka goyah. TUHAN tidak akan pernah membiarkan mereka terjatuh. Karena Ia senantiasa menjaga, Dia tidak pernah tertidur.

Penjagaan yang Ia lakukan juga bersifat 24 jam, karena di ayat 6 dikatakan bahwa siang ataupun malam tidak akan menyakiti mereka. Sedangkan ayat 7-8 ingin menunjukkan bahwa di dalam segala hal yang mereka lakukan, TUHAN akan senantiasa ada bersama-sama dengan mereka. Sesungguhnya setiap umat akan merasakan aman berada di dalam penjagaan TUHAN. Jadi, apa yang masih Anda takutkan saat ini ketika mengetahui bahwa di dalam segala hal Tuhan menjanjikan penyertaan-Nya?

Refleksi
Lihatlah satpam yang menjaga kompleks perumahan atau gereja Anda. Lihatlah dengan adanya satpam, Anda lebih merasakan aman. Sudahkah rasa aman itu Anda rasakan di dalam hidup percaya dengan TUHAN?

Tekadku
Ya TUHAN, mampukan aku untuk percaya bahwa aku aman bersama dengan TUHAN.

Tindakanku
Sebelum tidur, aku mau merenungkan apa yang aku kerjakan dan lakukan hari ini, dan disana aku akan melihat bagaimana aku bisa menjalani semua dengan baik dan aman bersama TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»