suplemenGKI.com

Ulangan 30:11-14

 

Meresponi Perintah Tuhan Berarti Menghormati-Nya.

Pengantar:

Di sebuah desa ada seorang bapak yang dikenal sabar dan lembut oleh hampir seluruh penduduk desa tersebut. Ketika ia diperlakukan secara tidak adil oleh orang lain, ia hanya berkata “biarkan saja orang memperlakukan saya tidak adil, karena keadilan pasti akan datang dengan sendirinya”. Namun banyak orang kemudian menjadi terkejut, ketika sang bapak yang terkenal sabar itu berubah menjadi marah dan bertindak keras kepada anak-anaknya. Setelah ditelusuri ternyata anak-anaknya tidak suka meresponi apa yang dikatakan, diberitahu atau diperintah oleh ayah mereka. Bagi dia, anak-anak yang tidak suka meresponi berarti tidak menghargai, tidak menghormatinya.

Pemahaman:

  1. Apakah makna dari ungkapan-ungkapan bahwa “perintah ini tidak terlalu sukar, tidak pula terlalu jauh, tidak di langit atau di seberang lautan….” di ayat 11-13?
  2. Apakah pula makna kalimat di ayat 14 “firman ini sangat dekat..di dalam mulut dan di dalam hatimu…?”

Kasih Tuhan kepada bangsa Israel sesungguhnya tidak bisa diukur dengan apapun juga yang dapat dipikirkan, dibayangkan dan disejajarkan dengan kemampuan manusia. Coba kita bayangkan, ketika bangsa Israel terpuruk Tuhan segera menolong mereka, ketika bangsa Israel berjaya Tuhan juga tidak membiarkan mereka terlena dalam kejayaan, Tuhan terus mengingatkan agar mereka tidak larut dalam kenikmatan dan melupakan Tuhan. Sebab ketika mereka melupakan Tuhan dan hanya berfokus pada kenikmatan berkat, mereka cenderung menjauh dan melupakan Tuhan dan itu preseden buruk bagi mereka. Tetapi yang menyedihkan dari bangsa Israel adalah, mereka sangat tidak menghargai Tuhan yang telah begitu mengasihi mereka. Kalimat-kalimat pada ayat 11-13, sesungguhnya sindiran Tuhan kepada mereka yang tidak hormat, tidak menghargai Tuhan dengan cara tidak meresponi firman Tuhan, tetapi justru mengabaikan perintah Tuhan. Mungkin perintah Tuhan  itu memang tidak mudah untuk ditaati dan dilakukan, tetapi tentu Tuhan akan menolong mereka mentaati, melakukan jika mereka belajar hormat dan meresponi perintah Tuhan  itu. Kalimat di ayat 14, sesungguhnya Tuhan hendak menyatakan bahwa jika saja umat Israel hormat pada Tuhan, maka mereka akan menikmati, mengalami dan menghidupi perintah Tuhan itu tanpa ada rasa terbebani, terbelenggu atau tertekan dengan apa yang Tuhan perintahkan.

 

Refleksi:
Saudara, mari kita jujur di hadapan Tuhan, apakah sejauh ini kita menghormati Tuhan dengan belajar meresponi Dia melalui Firman-Nya dalam hidup kita?

 

Tekad:
Tuhan,  ampuni saya jika selama ini saya mungkin cukup mengerti firman-Mu, tetapi saya belum meresponinya dengan melakukannya dalam hidup, tolong saya untuk menghormati firman-Mu ya Tuhan.

 

Tindakan:
Belajar meresponi firman Tuhan dengan berjuang melakukannya, dan yakin Tuhan akan memberikan pertolong dan kekuatan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«