suplemenGKI.com

Selasa, 6 Juli 2010

05/07/2010

ULANGAN 30 : 11 – 20.

Ketika kita harus memilih.

Renungan hari ini adalah lanjutan dari renungan kemarin. Namun hari ini Musa memberi wejangan lebih keras. Hal ini dilakukan agar umat Tuhan tidak salah dalam bertindak dan mengambil keputusan. Musa secara tegas menawarkan pilihan yang harus dipilih oleh umat Tuhan dan dampaknya ketika umat Tuhan telah menentukan pilihannya.

  1. Ayat 11 – 14. Apa yang dimaksud Musa bahwa perintah ini tidak terlalu sukar, tidak terlalu jauh, tetapi sangat dekat  ?
  2. Ayat 15 – 16. Mengapa Musa memberikan pilihan-pilihan yang harus dipilih oleh bangsa Israel ?
  3. Ayat 17 – 19. Apa dampaknya bagi bangsa Israel jika mereka memilih jalan yang salah ?
  4. Ayat 19b – 20. Apa yang dianjurkan Musa kepada bangsa Israel ?

Renungan.

Dalam hidup ini kita diperhadapkan kedalam pilihan-pilihan. Jika ada dua pilihan dan kita harus memilih satu diantara dua pilihan maka apa yang sudah kita pilih akan menjadi bagian dari hidup kita. Semua pilihan akan berdampak dalam kehidupan kita, oleh sebab itu kita jangan sampai salah pilih sebab jika kita salah pilih kita dapat menuai kesengsaraan.

Musa memperingatkan bangsa Israel agar mereka hidup berpaut kepada perintah-perintah Tuhan. Bahkan Musa menjelaskan dengan gambling bahwa perintah Tuhan itu tidak sukar, tidak jauh tetapi dekat ada dimulut dan dihati bangsa itu. Perintah Tuhan yang dimaksud Musa adalah yang sudah mereka terima yakni Hukum Taurat. Hukum Taurat inilah yang harus mereka dengar, simpan dihati dan dilakukan dalam perbuatan, sehingga mereka menjadi umat yang diberkati dan mendapat keberuntungan. Untuk menegaskan hal ini dengan sangat tegas Musa memberi pilihan-pilihan yang akan dipilih oleh bangsa Israel. Pilihan tersebut adalah :

  1. Mengasihai Tuhan Allah. ( ayat 16 )
  2. Sujud menyembah allah lain ( ayat 17 ).

Jika mereka memilih mengasihi Tuhan Allah mereka akan memperoleh hidup dan keberuntungan, diberkati oleh Tuhan. ( ayat 16 ). Tetapi jika mereka memilih sujud menyembah allah lain maka pastilah mereka akan binasa ( ayat 17 – 18 ). Masing-masing pilihan ada resikonya, dan bangsa Israel harus menentukan pilihannya. Dan agar bangsa itu tidak salah memilih maka Musa menganjurkan agar bangsa Israel memilih untuk mengasihi Tuhan ( ayat 20 ). Bahkan Musa menambahkan supaya mereka juga mendengar SuaraNya, berpaut kepadaNya.

Pilihan tersebut juga disodorkan kepada kita, dan kita harus menentukan pilihan kita, kira-kira kita akan memilih yang mana ? memilih mengasihi Tuhan atau mengasihi illah lain ? Pasti kita akan memilih Memilih Mengasihi Tuhan, akan tetapi dalam pilihan itu kita dituntut tidak sekedar memilih tetapi juga bertanggung jawab atas pilihan kita. Dan tanggung jawabnya adalah kesetiaan dan ketaatan kita melakukan setiap perintah dan kehendakNya. Apakah kita sanggup menjalani hidup yang demikian ?  Akan tetapi jika kita memilih yang salah kita akan menikmati kesengsaraan dan kebinasaan. semoga kita dengan bijaksana tidak salah memilih. Amin.

“Jika kita memilih untuk mengasihi Tuhan, taatilah semua perintahNya sehingga kita akan menikmati hidup bersamaNya dalam segala perkara”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»