suplemenGKI.com

Selasa, 5 Mei 2015

04/05/2015

NYANYIKANLAH KIDUNG BARU

Mazmur 98

 

 

Pengantar
Salah satu buku nyanyian yang dipergunakan dalam ibadah GKI bernama Nyanyikanlah Kidung Baru atau lebih dikenal dengan singkatan NKB. Buku ini menjadi salah satu persembahan GKI di bidang nyanyian ibadah umat dalam kerja sama dengan Yayasan Musik Gereja (Yamuger) PGI. Tapi apakah sebagai anggota jemaat GKI kita terus juga menyatakan nyanyian atau kidung baru dalam kehidupan di sekitar kita? Dan apa makna kata ‘baru’ yang dinyatakan di dalamnya? Mari bersama kita membaca dan menghayati kesaksian Pemazmur dalam Mazmur 98 yang kita baca pada hari ini.

Pemahaman

Ayat  1 – 3    :  Mengapa umat diajak untuk menyanyikan Nyanyian baru bagi TUHAN?

Ayat  4 – 9    :  Apa sesungguhnya yang menjadi pengharapan umat terhadap TUHAN?

Pemazmur mengajak umat menyanyikan nyanyian (kidung) baru bagi TUHAN karena TUHAN telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib. TUHAN telah mengerjakan dan memperkenalkan keselamatan bagi umat-NYA. Dan bahwa hal itu dinyatakan di depan mata bangsa-bangsa lain. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan dari ALLAH. Hal ini dipahami sebagai pernyataan keadilan TUHAN. Nyanyian baru adalah wujud tanggapan umat atas karya keselamatan TUHAN yang terus berproses secara baru dan segar. Karya TUHAN yang terus menerus-tumbuh dan hidup bagi umat-NYA.

Umat TUHAN sesungguhnya sangat berharap akan keadilan dan kebenaran. Itulah yang dinyatakan Pemazmur dalam ayat 9 bahwa TUHAN datang untuk menghakimi bumi dengan keadilan dan bangsa-bangsa dengan kebenaran. Pengharapan itu tidak saja menjadi bagian umat, tetapi bagi seluruh bumi, laut serta isinya, dunia serta yang diam di dalamnya. Sungai-sungai dan gunung-gunung bersorak-sorai bersama. Semua menyambut selamat yang dari TUHAN. Selamat yang tidak hanya terkait dengan kenyamanan hidup, tapi munculnya keadilan dan kebenaran TUHAN dalam proses kehidupan umat, yang terus diperjuangkan dan dihadirkan secara baru.

Refleksi
Marilah kita merenungkan, apakah selama ini kita telah menyambut keselamatan yang datang dari TUHAN dengan nyanyian baru, sorak-sorai, dan kegembiraan? Dan apakah kita juga memiliki pengharapan bahwa keselamatan itu hadir dalam wujud keadilan dan kebenaran TUHAN?

Tekadku
Ya TUHAN, tolonglah saya agar dapat menyatakan nyanyian baru, yaitu kesaksian hidup dan pujian yang memuliakan TUHAN secara baru dan segar melalui keseluruhan hidupku.

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan lebih menghayati keselamatan dari TUHAN dalam perjuangan hidup yang membawa keadilan dan kebenaran mulai dari hal-hal yang terkecil.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»