suplemenGKI.com

AYO DENGAR SUARA TUHAN

Mazmur 29

Pengantar
Di awal tahun 2016, kita tentu diperhadapkan dengan berbagai kabar dan berita yang  berisi analisa dan prediksi tentang hal-hal yang mungkin dapat  terjadi di tahun yang baru kita jalani ini. Kabar dan berita ini dapat kita sebut sebagai ‘suara-suara’ yang kita dengar. Banyak suara yang kita dengar, dan ini dapat membuat kita semakin siap serta  berani menghadapi situasi di tahun 2016, tapi juga dapat membuat kita semakin kuatir dan gentar, sehingga tidak mudah atau tidak tahu harus berbuat apa. Maka marilah kita memperhatikan apa yang dinyatakan TUHAN dalam Mazmur 29 tentang apa yang seharusnya kita nyatakan, alami, dan terima dalam kehidupan ini.

Pemahaman
Ayat  1 – 2        :  Apa yang harus dinyatakan kepada TUHAN?

Ayat  3 – 9        :  Apa yang digambarkan melalui ungkapan ‘Suara TUHAN?

Ayat 10 – 11      :  Apa yang TUHAN berikan kepada umat-NYA?

Dalam ayat 1 dan 2 ditunjukkan bahwa hal-hal yang harus dinyatakan kepada TUHAN adalah kemuliaan, kekuatan, dan kekudusan, sebab hal-hal tersebut memang merupakan realitas TUHAN. Ini berlaku baik di Sorga maupun di bumi. TUHAN tidak menuntut hal-hal tersebut, tetapi itulah wujud kehidupan di hadapan TUHAN.

Jika saja kita menyadari dan mengalami adanya ‘Suara TUHAN’ maka suara-suara TUHAN tersebut adalah perwujudan realitas TUHAN yang digambarkan sebagai kekuatan yang mendatangkan rasa dan pernyataan hormat. Seluruh alam dan isinya sungguh merasakan kekuatan dan semarak TUHAN yang luar biasa.

Ayat 10 menegaskan adanya kekuatan-kekuatan tersebut sebagai wujud kemaharajaan TUHAN semesta alam yang abadi, sekaligus yang berkenan memberi kekuatan kepada umat-NYA dan memberkati umat-NYA dengan sejahtera (ayat 11). TUHAN adalah ALLAH yang dalam kekuatan-NYA memberi perhatian yang sungguh kepada umat-NYA.

Jadi dalam hidup ini ada hal-hal yang harus kita nyatakan kepada TUHAN, yang kita alami bersama TUHAN, dan yang diberikan TUHAN kepada kita.

Refleksi
Dalam keheningan hati dan pikiran marilah kita bertanya:

  • Sudahkan kita memberikan apa yang harus dinyatakan kepada TUHAN?
  • Sungguhkan kita merasakan kekuatan “Suara TUHAN” yang membuat kita ‘hormat’ kepada TUHAN?
  • Apakah kita merasakan kekuatan dan berkat yang TUHAN berikan kepada kita sebagai umat-NYA?

Tekadku
Ya TUHAN, ajarkanlah saya untuk dapat memberi, mengalami, dan mendapatkan apa yang TUHAN kehendaki dalam hidupku.


Tindakanku

Mulai hari ini, saya memilih untuk hanya hidup dalam  kekuatan dan sejahtera yang TUHAN berikan sebagai wujud rasa hormat saya kepada TUHAN.

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«