suplemenGKI.com

Bacaan : Keluaran 34 : 29 – 35

CAHAYA KEMULIAAN ALLAH

Pengantar
Konteks perikop bacaan kita hari ini meliputi pasal 32 sampai pasal 34, dimana dalam narasi induknya, menyebutkan bahwa bangsa Israel meminta kepada Harun agar membuatkan bagi mereka sebuah patung anak lembu emas. Harun bersama-sama dengan tua-tua Israel membuatkan patung lembu emas yang segera mereka puja sebagai sesembahan mereka. Penyembahan berhala semacam ini merupakan dosa besar yang pantas mendapatkan hukuman dari Tuhan, sedangkan Musa turun dari gunung Sinai membawa dua loh batu  berisi 10 hukum Allah, yang langsung dihantamkan ke patung anak lembu emas tersebut sehingga hancur.

 

Pendalaman
Apa yang terjadi dengan Musa ketika ia turun dari gunung Sinai ? ( ayat 29 )

Bagaimana respon Harun dan umat Tuhan ? ( ayat 30 )

Bagaimana tindakan Musa ? ( ayat 31-35 )

Ketika Musa turun dari gunung Sinai, [untuk yang ke 2] dengan membawa kedua loh hukum Allah yang baru, tanpa disadari bahwa wajah Musa bercahaya karena kemuliaan Allah. Wajah Musa yang bercahaya adalah bukti nyata bahwa Musa telah berbicara secara langsung dengan Tuhan sehingga Musa mendapatkan sebagian dari kemuliaan Tuhan, dan ketika Harun dan umat Tuhan melihat bahwa wajah Musa bercahaya maka mereka takut  mendekati Musa. Namun Musa memanggil mereka dan Harun, dan Musa berbicara kepada mereka tentang hukum Tuhan yang telah Musa terima dari Tuhan. Di sini Musa menjadi pengantara Tuhan dan umat.  Ia menerima sebagian kemuliaan dari Tuhan karena kedekatan Musa dalam persekutuannya dengan Tuhan.

Sesungguhnya setiap orang Kristen dipanggil menjadi semacam pengantara bagi sesama. Melalui orang-orang Kristen, orang lain dapat mengenal Allah, beriman, berharap dan mengasihi sesama. Perubahan dalam diri orang Kristen merupakan perubahan yang tidak disadari oleh diri sendiri, tetapi dilihat dan dirasakan oleh orang lain.

Refleksi
Perubahan dimulai dari hati terus merambah kepada perbuatan.

Tekadku
Saya perlu mempererat persekutuan dengan Tuhan, agar saya dapat mengerti apa yang menjadi kehendakNya.

Tindakanku
Hari ini saya harus mulai membuka hati untuk dirubah Tuhan, sehingga cahaya kemuliaan Kristus juga dirasakan oleh orang lain yang saya jumpai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«