suplemenGKI.com

Selasa, 4 Mei 2010

03/05/2010

Kis 16:9-15

Tuhan Memakai Kita Sebagai AlatNya

Bagian ini menceritakan pelayanan Paulus yang dipimpin oleh Roh Kudus melayani ke daerah Makedonia, walaupun perjalanan menuju ke Makedonia tidak mudah namun Paulus mau taat kepada pimpinan Roh Kudus.

  1. Apa yang menyebabkan Paulus yakin untuk pergi mengabarkan Injil ke daerah Makedonia?
  2. Apa yang dilakukan oleh Paulus setibanya di Filipi?
  3. Adakah hasil pelayanan yang dilakukan oleh Paulus?
  4. Pelajaran apa yang anda dapatkan dari kisah pelayanan Paulus?

Renungan

Injil semakin tersebar luas karena banyaknya pengikut-pengikut Yesus yang giat untuk menyampaikan kabar baik tersebut. Demikian juga Paulus dengan semangatnya memberitakan Injil dimanapun dia berada, baik di Derbe, Listra, Frigia serta Galatia.

Paulus mendapat penglihatan untuk memberitakan Injil di Makedonia, waktu itu Paulus melihat ada seorang Makedonia berseru:” Menyeberanglah kemari dan tolonglah kami!” Paulus segera menanggapi penglihatan itu sebagai tanda bahwa Tuhan menghendaki  dia pergi ke Makedonia untuk memberitakan Injil di sana.

Paulus segera pergi ke Makedonia dan berada di kota Filipi beberapa hari. Setibanya di Filipi Paulus melihat keadaan dan situasi kota tersebut, dilihatnya ada tempat sembahyang untuk orang-orang Yahudi. Paulus dengan jelinya mengunakan media itu sebagai sarana untuk memberitakan Injil kepada orang-orang yang sedang berkumpul disana.

Dari sekian banyak orang yang mendengarkan berita Injil yang Paulus sampaikan, ternyata Tuhan membuka hati Lidia untuk menerima Yesus. Bahkan akhirnya Lidia penjual kain ungu mau untuk di baptis bersama dengan anggota keluarganya. Hari itu satu keluarga percaya kepada Tuhan Yesus. Lidia bukan hanya membuka hati untuk percaya kepada Tuhan Yesus, namun ia juga membuka hati untuk melayani Tuhan Yesus, dengan menyediakan rumahnya untuk penginapan Paulus dan Silas. Rumah Lidia juga dipakai untuk persekutuan bersama-sama dengan saudara-saudara seiman yang lainnya.

Dari bagian ini kita melihat dengan jelas bahwa Tuhan memimpin pelayan yang dilakukan oleh Paulus dan Silas. Pada mula pelayanan Paulus dan Silas di Filipi, belum ada orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, namun setelah berita Injil disampaikan maka ada satu orang yang percaya yaitu Lidia. Kelihatannya hanya satu orang saja, namun Tuhan membuatnya menjadi luar biasa. Dari satu orang menjadi satu keluarga, dan akhirnya banyak orang yang percaya Tuhan Yesus.

Tuhan dapat memakai berbagai cara untuk menarik orang-orang percaya kepadaNya. Melalui khotbah Petrus banyak orang yang percaya kepada Tuhan (+ 3.000 orang), melalui peran Ananias, Saulus dipakai oleh Tuhan. Dan Sekarang melalui Paulus, Lidia menjadi percaya kepada Tuhan. Tuhan dapat memakai siapa saja untuk menjadi alat bagi kemuliaanNya. Bagaimana dengan saudara? Sudahkah saudara siap untuk dipakai sebagai alatNya bagi kemuliaanNya. Mari kita senantiasa menyiapkan diri kita untuk dipakaiNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»