suplemenGKI.com

Selasa, 4 Juli 2017

03/07/2017

RAHMAT MEMBUAT GIAT          

Mazmur 145 : 8 – 14 

Pengantar
Secara umum, setiap perbuatan manusia itu ada penyebabnya, atau dalam pengandaian yang lain: ada aksi maka ada reaksi. Jika kita menyadari bahwa kita adalah ciptaan TUHAN maka kita akan bertindak dalam aturan dan kehendak TUHAN. Namun sebaliknya, jika kita tidak mempercayai adanya TUHAN dan bahwa kita adalah ciptaan-NYA, maka kita akan hidup menurut aturan dan kehendak kita saja. Kesadaran dan kepercayaan adalah contoh penyebab dari perbuatan kita. Dengan demikian apa yang dipersaksikan oleh Pemazmur dalam bacaan Alkitab hari ini juga menunjukkan apa yang disadari dan dipercayai oleh Pemazmur tentang rahmat TUHAN bagi dirinya secara pribadi dan bagi umat TUHAN secara keseluruhan. Hal itu pulalah yang membuat umat menanggapi hadirnya TUHAN dan rahmat-NYA dengan sebuah tindakan syukur secara giat. Untuk lebih jelasnya mari kita memperhatikan Firman TUHAN dalam Mazmur 145 : 8 – 14.

Pemahaman

Ayat  8 – 9, 13 – 14  :  Bagaimana kesaksian iman Pemazmur tentang ALLAH?

Ayat  10 – 12             :  Bagaimana reaksi umat TUHAN akan rahmat TUHAN bagi mereka?

Pemazmur bersaksi bahwa TUHAN itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-NYA. TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-NYA. Kerajaan TUHAN ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan TUHAN tetap melalui segala keturunan.  TUHAN setia dalam segala perkataan-NYA dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-NYA. TUHAN itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.

Reaksi umat adalah bersyukur kepada TUHAN, memuji TUHAN serta mengumumkan kemuliaan kerajaan TUHAN. Umat membicarakan keperkasaan TUHAN, serta memberitahukan keperkasaan TUHAN kepada anak-anak manusia, dan menceritakan kemuliaan semarak kerajaan TUHAN.

Secara sederhana, kita pun dapat menyadari dan menghayati adanya rahmat TUHAN bagi umat-NYA, yang membuat kita giat dan bersemangat dalam memasyurkan nama TUHAN sebagai wujud syukur kita kepada-NYA. Aksi rahmat TUHAN membuat umat giat bersaksi.

Refleksi
Dalam keheningan hati marilah kita mengambil waktu untuk merenungkan:

  • Apakah kita menyadari dan mempercayai kehadiran TUHAN yang memberi rahmat bagi umat-NYA?
  • Apakah kita giat mempersaksikan rahmat TUHAN?

Tekad
TUHAN, jadikan aku umat-MU yang sadar dan percaya akan kehadiran-MU agar mampu bergiat mempersaksikan rahmat TUHAN.

 

Tindakanku
Mulai hari ini, saya mau lebih giat dan bersemangat untuk mempersaksikan rahmat TUHAN melalui berbagi media dan kesempatan kesaksian yang tersedia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«