suplemenGKI.com

BERHARGA DAN MULIA DI MATA TUHAN

Yesaya 43:4-7

 

Pengantar

Setiap orang pasti pernah mempunyai sesuatu yang sangat berharga bagi dirinya. Dan biasanya karena sangat berharga pasti akan mendapat perlakuan yang istimewa dari pemiliknya, seperti misalnya disimpan pada tempat khusus, selalu dirawat dengan hati-hati bahkan dijaga agar tidak sampai mengalami cacat atau rusak. Dalam renungan hari ini kita akan membaca dan memahami bagaimana bangsa Israel begitu sangat berharga dan mulia di mata Tuhan. Mari kita renungkan. 

Pemahaman

Ayat 4        : Bagaimana pandangan Tuhan terhadap bangsa Israel ?
Ayat 5-7    : Apa yang dijanjikan Tuhan kepada bangsa Israel agar supaya mereka tidak takut ?

Pada masa pembuangan karena penghukuman dari Tuhan bangsa Israel merasa tertekan dan takut dalam menghadapi masa depannya. Mereka merasa terpuruk dan kehilangan semangat seolah Tuhan sudah meninggalkan mereka. Namun dalam Yesaya 43:4, Tuhan menyatakan bahwa bangsa Israel sangat berharga dan mulia di mata-Nya. Ini menjadi penguat yang membangkitkan semangat baru bangsa Israel yang sudah terpuruk. Dengan pernyataan ini berarti Tuhan tidak melupakan dan meninggalkan mereka dan Tuhan tetap mengasihi mereka. Terlebih lagi dalam Yesaya 43:5-7 Tuhan menyatakan agar bangsa Israel jangan takut karena Tuhan menyertai mereka. Tuhan berfirman akan menyatukan bangsa Israel yang telah tercerai berai karena hukuman pembuangan itu menjadi satu kembali. Mengapa Tuhan mau melakukan semua ini? Karena Tuhan yang menciptakan dan membentuk bangsa Israel dan mereka diciptakan untuk memuliakan Dia.

Seperti bangsa Israel yang berharga dan mulia di mata Tuhan Allah, kita juga demikian. Saat kita mengalami keterpurukan dalam hidup, keadaan ekonomi menurun, kesehatan terganggu, rumah tangga penuh percekcokan dan masalah lainnya namun yakin dan percayalah karena kita berharga dan mulia di mata Tuhan maka Ia tidak akan membiarkan kita sendiri dalam menghadapi semuanya itu.

Karena berharga dan mulia maka hidup kita harus mau dipakai Tuhan untuk menyatakan kemuliaan-Nya dan menjadi berkat bagi orang lain di sekitar kita. Tuhan memancarkan kemuliaan-Nya dalam hidup kita dengan maksud agar melalui hidup kita orang lain juga akan melihat kemuliaan Tuhan bisa melalui pekerjaan kita, kehidupan rumah tangga kita, tingkah laku kita dan lainnya.

Refleksi

Marilah kita merenungkan:

-  Apakah saudara percaya bahwa kita berharga dan mulia di mata Tuhan ?
-  Apa yang harus kita lakukan agar kemuliaan Tuhan yang ada dalam hidup kita dapat diketahui dan boleh menjadi berkat bagi orang lain?

Tekad

Doa: Tuhan terima kasih karena Engkau memandang kami sangat berharga dan mulia walau kami sering kali melakukan dosa dan kejahatan yang sebenarnya tidak Engkau sukai. Kami mohon ampun bila karena dosa dan kejahatan kami membuat kemuliaan-Mu yang ada dalam diri kami tidak dapat dilihat oleh orang lain dan tidak menjadi berkat bagi orang lain. Ampuni kami ya Tuhan. Amin

Tindakan

Hari ini saya mau melakukan kebaikan pada orang-orang yang saya jumpai agar kemuliaan Tuhan yang ada dalam diriku diketahui orang lain dan memberi berkat bagi orang lain sehingga saya benar-benar berharga dan mulia di mata Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«