suplemenGKI.com

Selasa, 31 Juli 2018

30/07/2018

CARA TUHAN MEMELIHARA

Mazmur 78:23-29

Pengantar
Setiap manusia pasti pernah mengalami atau merasakan sulit dan beratnya hidup ini. Kesulitan dan beratnya kehidupan dapat muncul dalam berbagai bentuk, terutama dalam menjawab kebutuhan hidup. Bahwa tidak selalu kesulitan itu berupa tidak terpenuhinya kebutuhan hidup secara jasmani, tapi juga kebutuhan batiniah kita. Hal ini dapat membuat kita mengeluh bahkan putus asa. Lalu bagaimana kita dapat melewati kesulitan hidup ini? Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita diajak untuk melihat kepedulian TUHAN yang luar biasa atas kehidupan umat-NYA. Maka marilah kita membaca Mazmur 78:23-29 dan merenungkan cara TUHAN melihara umat-NYA. 

Pemahaman
Ayat  23 – 25       :  Apa yang TUHAN berikan kepada umat-NYA?
Ayat  26 – 29       :  Apa yang TUHAN berikan kepada umat-NYA?

TUHAN memberikan roti manna kepada umat-NYA yang sedang berada di padang gurun secara berlimpah-limpah dan setiap orang telah makan roti tersebut. TUHAN peduli terhadap umat-NYA dan berkuasa menyediakan bekal kehidupan bagi umat-NYA di tengah perjalanan di dunia yang berat sekalipun. Padang gurun adalah gambaran kehidupan yang penuh tantangan, seperti berada di tengah lautan luas.

Selanjutnya TUHAN memberikan daging burung yang turunnya seperti hujan dari langit dengan jumlah yang tak terhitung sehingga umat TUHAN dapat makan dan menjadi kenyang. TUHAN memberikan apa yang umat-NYA inginkan pada saat itu. Ini memberi pesan kepada umat-NYA untuk tetap percaya akan pemeliharaan TUHAN.

Roti dan daging adalah kebutuhan hidup manusia, dan TUHAN dapat menyediakan bagi umat-NYA dengan cara yang tidak bisa kita pikirkan sebelumnya. TUHAN berkuasa atas alam semesta dan seluruh isinya. TUHAN dapat memerintahkan seisi alam semesta ini untuk menjadi saluran berkat bagi umat-NYA. Maka marilah kita setia menyerahkan perjalanan hidup kita kepada TUHAN. Ada banyak cara TUHAN untuk memelihara umat-NYA.

Refleksi
Dalam keheningan hati marilah kita mengambil waktu untuk merenungkan:

  • Apakah kita merasakan pemeliharaan TUHAN dalam kesulitan hidup kita?
  • Apakah kita tetap setia menyerahkan perjalanan hidup kita kepada TUHAN?

Tekad
TUHAN, jadikan aku selalu ingat akan pemeliharaan-MU yang ajaib dalam hidupku, dan tetap menyerahkan hidup ini dalam rencana-MU.

 

Tindakanku
Saya akan lebih berserah dan bersyukur kepada TUHAN dalam menjalani tanggung jawab kehidupan yang TUHAN berikan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«