suplemenGKI.com

Mazmur  147 : 12 – 20

 

KEMEGAHAN TUHAN DALAM KARYA DAN KUASA FIRMANNYA

 

Pengantar

Sebuah kekuasaan dapat digambarkan atau dirasakan melalui perwujudan dari apa yang mampu diatur dan dikendalikan oleh sang pemilik atau pemegang kekuasaan (penguasa) tersebut. Semakin besar hal-hal yang dapat diatur dan dikendalikan maka semakin besar pengakuan akan kekuasaan seorang penguasa, semakin besar kemegahan yang mungkin menyertainya. Kemegahan seseorang sesungguhnya tidak hanya terkait dan ditentukan dengan hal-hal yang dapat diatur atau dikendalikan, tetapi juga disertai dengan apa yang dihasilkan atau dikaryakan, yang dapat dirasakan manfaatnya. Dalam pemahaman ini maka kita akan belajar tentang keberadaan TUHAN dalam karya dan firman-NYA.

Pemahaman

Ayat  12 – 14 :  Apa yang menjadi dasar ajakan pemazmur agar TUHAN dimegahkan oleh umat-NYA?

Ayat  15 – 18 :  Bagaimana penggambaran kekuasaan TUHAN melalui firman-NYA ?

Ayat  19 – 20 :  Apa keistimewaan Israel dari bangsa-bangsa lain ?

TUHAN telah memberkati umat-NYA dengan memberi keamanan hidup, anak-anak, dan kesejahteraan yang menyebabkan mereka seharusnya memegahkan TUHAN dalam hidup mereka. TUHAN tidak hanya menyatakan berkat secara jasmaniah tetapi juga melalui firman-NYA yang penuh kuasa.

Firman TUHAN menjadi penyataan kekuasaan TUHAN yang memerintah dunia ini. Firman TUHAN  mampu membekukan maupun mencairkan kehidupan dunia sebagaimana digambarkan dalam berbagai peristiwa (bahasa) alam dalam ayat 15 – 18. Jadi sungguh hebat kekuasaan TUHAN.

Israel menjadi istimewa karena firman TUHAN ini dinyatakan dan diberikan secara khusus kepada mereka, dan tidak kepada bangsa-bangsa lain, namun sesungguhnya juga membawa umat pada sebuah tanggung jawab khusus untuk mentaati dan memperkenalkan firman TUHAN bagi segenap bangsa.

Refleksi
Marilah kita memikirkan, apakah selama ini kita telah memegahkan TUHAN dalam kehidupan kita ? Apakah kita telah sungguh merasakan karya dan kuasa firman-NYA, yang memberkati hidup kita ? Apakah kita telah sungguh mengenal dan mentaati Firman-NYA serta mempersaksikannya bagi orang lain ?

Tekad
Ya TUHAN, ajarlah saya untuk dapat memegahkan TUHAN dalam kehidupan ini, serta makin merasakan karya dan kuasa firman-MU yang kukenal dan kutaati.

Tindakan
Hari ini, saya akan menyampaikan sebuah bagian firman TUHAN bagi seseorang yang memerlukan kuasa kehadiran TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«