suplemenGKI.com

Selasa, 30 Mei 2017

29/05/2017

BERSAKSI DENGAN BERANI

Kisah Para Rasul 2:14-24

 

Pengantar
Bersaksi merupakan satu tugas untuk memberitakan sesuatu yang telah dialami. Jika kita saksi Kristus berarti kita harus menyaksikan Kristus dalam hidup kita. Saksi merupakan identitas kita sebagai orang yang sudah ditebus oleh Kristus. Identitas ini membawa kita kepada satu panggilan untuk memberitakan Kristus di dalam hidup kita. Namun, semudah itukah kita menjadi saksi Kristus? Pasti akan ada tantangan dan kesulitan dalam menjalankan panggilan Tuhan ini. Sehingga kita cenderung untuk tidak menjalankannya. Bagaimanakah cara Tuhan menyertai murid yang juga ragu dan takut dalam bersaksi?

Pemahaman

  • Ayat 14          : Apakah yang dilakukan oleh Petrus ketika menghadapi respon orang banyak yang menyaksikan peristiwa pencurahan Roh Kudus?
  • Ayat 15-24    : Apa isi dari khotbah Petrus?

Respon lain yang ditunjukkan oleh orang banyak yang menyaksikan peristiwa tercurahnya Roh Kudus yang dialamioleh para murid adalah mereka menuduh dan menyindir para murid bahwa mereka sedang mabuk oleh anggur manis (Ay. 13). Petrus membela tindakan para murid dari tuduhan itu dengan bangkit berdiri dan memberikan penjelasan kepada orang banyak (Ay. 14)

Roh Kudus memampukan para murid-murid untuk bangkit dari keterpurukan mereka, dan kini mereka dipakai Tuhan secara luar biasa menjadi alat di tangan-Nya agar Injil dapat dipahami oleh manusia dan berbagai bangsa. Khususnya Petrus, ia berani dengan tegas menyampaikan kebenaran. Petrus memberi penjelasan dengan mengutip kitab nabi Yoel. Apa yang terjadi pada murid adalah penggenapan nubuat bahwa Allah sedang mencurahkan Roh-Nya ke atas umat-Nya. Anak-anak Tuhan akan menerima karunia supranatural berupa penglihatan, mimpi dan nubuat (Ay. 17-18) sebagai tanda yang menyertai dan mengukuhkan tugas pemberitaan Injil yang mereka lakukan. Dunia ini sendiri mengalami mujizat guncangan besar oleh karya Roh Kudus itu (Ay. 18-20). Hari Pentakosta adalah permulaan penggenapan tersebut. Pencurahan itu terjadi oleh karena karya Kristus yang tuntas melalui kematian dan kebangkitan-Nya (Ay. 22-24), sehingga orang yang percaya kepada nama-Nya (Ay. 21) beroleh pengharapan keselamatan (Ay. 25-28).

Gereja hidup pada masa akhir zaman ini dengan tugas memberitakan Injil. Tanda-tanda seperti yang disebut dalam kitab nabi Yoel dan Petrus akan selalu menyertai pelaksanaan tugas tersebut. Tuhan akan memberikan tanda-tanda dan memberikan penyertaan-Nya kepada gereja yang melaksanakan perintah-Nya. Inilah yang disaksikan oleh Petrus mengenai pengalamannya bersama dengan Tuhan.

 

Refleksi
Renungkan: Mempelajari firman Tuhan sangat penting tetapi yang tidak kalah penting adalah pengalaman pribadi kita bersama dengan Yesus yang bisa kita saksikan kepada semua orang. Beranikah kita menyaksikannya?

Tekadku
Ya Tuhan, berikan saya keberanian untuk menyampaikan kabar baik yang telah saya terima dan saya alami kepada orang lain yang belummendengarnya seperti Engaku memberikan keberanian bagi para murid.

Tindakanku
Saya akan menceritakan pengalaman rohaniku dan menyaksikan kabar baik tentang keselamatan kepada keluarga dan saudara yang belum pernah mendengarkan kabar itu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»