suplemenGKI.com

Selasa, 3 Maret 2015

02/03/2015

Keluaran  20:12-17

 

Menjadi Bangsa Yang Kudus Dengan Menaati Tata Cara Berelasi Dengan Sesama

 

Pengantar
Bagian ini dikenal sebagai sebagai Bagian ke-2 dari Sepuluh Perintah Allah. Jika Bagian Pertama (ayat 1-11) mengatur relasi antara manusia dengan Allah, Sang Pencipta dan PenyelamatNya, maka Bagian ke-2 (ayat 12-17) mengatur relasi antara manusia dengan sesamanya. Tanpa hukum yang mengatur bagaimana seseorang memperlakukan orang lain, maka tak akan ada kehidupan masyarakat yang beradab. Yang ada hanyalah hukum rimba. Siapa kuat ia yang menguasai yang lain. Allah Bapa menghendaki bangsa Israel menjadi berbeda (kudus) dari bangsa lain dengan menaati hukum-hukum ini. Dengan demikian mereka akan memuliakan Tuhan.

Pemahaman
- Keluaran 20:12 Hormatilah ayah dan ibumu merupakan perintah yang disebutkan pertama kali dalam Bagian Kedua dari Sepuluh Perintah Allah yang mengatur relasi antara manusia dengan sesamanya. Allah memulainya dengan mengatur hubungan keluarga, antara anak dan orangtuanya, dengan janji berkat yang jelas ketika perintah ini ditaati

- Keluaran 20:13 Jangan membunuh merupakan hukum yang mengajarkan bagaimana kita harus menghargai sebuah kehidupan. Membunuh bukan hanya menghilangkan nyawa seseorang. Tuhan Yesus dalam Matius 5:21-22 mengajarkan, bahwa barangsiapa yang membenci dan marah kepada saudaranya pada hakekatnya sudah membunuh dia dan patut dihukum.

- Keluaran 20:14  Jangan berzinah merupakan perintah untuk menghormati perkawinan. Tuhan Yesus dalam Matius 5:28 mengajarkan, bahwa setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

- Keluaran 20:15  Jangan mencuri merupakan hukum yang dimaksudkan untuk menghormati hak orang lain. Di jaman modern ini mencuri bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah, seperti misalnya memalsukan barang merk tertentu, menggunakan karya orang lain untuk kepentingan diri sendiri tanpa seijin pemiliknya (Plagiat).

- Keluaran 20:16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu merupakan perintah untuk menghormati reputasi orang lain. Perintah ini sangat relevan di jaman ini, di mana kebenaran tentang seseorang dengan mudah diputar balikkan, bahkan di depan pengadilan untuk kepentingan diri sendiri.

- Keluaran 20:17 Jangan mengingini apapun yang dimiliki sesamamu merupakan perintah penutup dan sekaligus “kunci” penting bagi kita. Orang yang tidak bisa menaatinya tidak akan pernah mengucap syukur.

Refleksi
Sudahkah dengan segala kesungguhan hati aku mempelajari dan melaksanakan perintah Allah tersebut di atas (ayat 12-17) yang menuntunku agar dapat berelasi dengan sesama secara benar?

Tekad
Menjadi bagian dari bangsa yang dikuduskan dengan menaati perintah-perintahNya untuk berelasi dengan sesama dengan cara yang benar.

Tindakan
Menjaga setiap langkah hidupku agar perintah-perintahNya, yang mengatur relasi antara manusia dengan sesamanya, senantiasa aku taati dan laksanakan.

 

=====================================================================================

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*