suplemenGKI.com

TUHAN BAIK

ULANGAN 8:1-20

Pengantar
Perjalanan panjang bangsa Israel menuju tanah perjanjian merupakan perjalanan yang tidak mudah. Melewati gurun pasir yang berbahaya memberikan tantangan tersendiri. Panas, kelangkaan makanan dan air, binatang buas, merupakan hal-hal yang dihadapi dalam perjalanan panjang bangsa Israel. Setelah perjalanan panjang yang melelahkan dan penuh tantangan. Umat Allah tiba di akhir perjalanan. Mereka akan segera memasuki tanah Kanaan.

Pemahaman  

Ayat 1-10         Apakah yang telah dialami umat Allah dalam perjalanan sejak dari Mesir hingga memasuki tanah Kanaan ? Pelajaran apakah yang dapat dilihat dari perjalanan panjang itu ?

Ayat 11-20       Apa saja perintah yang Allah sampaikan kepada umat Allah yang akan memasuki tanah Kanaan ?

Perjalanan bangsa Israel keluar dari Mesir menuju tanah Perjanjian merupakan perjalanan yang sangat panjang dan tidak mudah. Perjalanan umat Allah berliku dan penuh dengan ancaman. Bukan hanya harus berhadapan dengan bangsa-bangsa lain, namun juga harus berhadapan dengan cuaca panas yang ekstrim dan binatang-binatang buas mematikan. Semua hal itu memberikan pengalaman belajar bagi umat Allah. Saat mereka akan segera memasuki Kanaan, Allah melalui Musa menyampaikan berbagai nasihat dan perintah untuk dikerjakan ditanah yang akan mereka tinggali.

Allah menyampaikan kepada umat-Nya bahwa apa yang telah mereka hadapi dan lalui dalam perjalanan dari Mesir menuju Kanaan haruslah menjadi proses belajar. Bangsa Israel diajak untuk melihat kembali bahwa semua yang telah terjadi adalah bagian dari proses pembentukan yang Allah kerjakan. Allah ingin umat-Nya memiliki kerendahan hati dan ketaatan (ayat 1-10). Oleh karena itu Allah mengingatkan agar kerendahan hati dan ketaatan kepada Allah harus menjadi keutamaan dalam hidup sehari-hari bangsa Israel. Allah juga menghendaki umat untuk senantiasa mengingat Allah dan tidak terjebak pada kesombongan diri.

Nasihat dan perintah Allah mengajak umat Allah untuk senantiasa mengingat kebaikan-kebaikan Allah. Oleh karena tanpa kebaikan Allah, tidak mungkin umat dapat melewati hari-hari kehidupan yang penuh dengan tantangan. Pandemi covid 19 yang sedang dihadapi merupakan perjalanan panjang umat Allah di masa kini. Penuh dengan tantangan dan cobaan. Namun senantiasa mengingat kebaikan Allah akan menguatkan umat dalam menjalani hari-hari kehidupan yang tidak mudah.

Refleksi
Setiap hari jika kita menghayati setiap peristiwa kehidupan, termasuk masa pandemi covid-19 saat ini, kita diajak untuk melihat kembali kenyataan bahwa kekuatan manusia sangatlah terbatas. Bahwa kekuatan manusia, bahkan kekuasaan manusia, materi yang dimiliki manusia, semua tidak punya arti apa-apa. Masa Pandemi telah mengajarkan kepada umat bahwa tanpa kebaikan Allah, tidak ada seorangpun mampu menjalani hari-hari kehidupan yang berat.

Tekadku
Ya Allah, ajar kami untuk senantiasa bersyukur atas kebaikan-Mu. Mampukan kami untuk selalu bersandar kepada-Mu. Oleh karena kami hanya dapat melewati hari-hari kehidupan di masa pandemi apabila bersama-Mu.

Tindakanku
Bangunlah kehidupan spiritual secara pribadi maupun bersama keluarga melalui doa bersama. Tetap berserah kepada Allah. Tidak patah semangat meski sedang berhadapan dengan kesusahan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«