suplemenGKI.com

HIDUP BAHAGIA KARENA PENGAMPUNAN TUHAN

Mazmur 32:1-7

 

Pengantar
Indikator kebahagiaan manusia seringkali ditentukan dari apa yang kita miliki dalam kehidupan kita. Keluarga yang harmonis, kesehatan yang baik, atau kecukupan ekonomi dalam menjalankan kehidupan adalah contoh-contoh ukuran kebahagiaan. Akan tetapi pemazmur menyadarkan kita bahwa ada satu indikator kebahagiaan hidup yang berbeda dari pandangan kebanyakan orang. Yang dimaksud adalah kebahagiaan karena pengampunan yang Tuhan berikan. Kebahagiaan atas pengampunan itu memampukan kita untuk hidup dengan penuh sukacita dan pasti juga akan berdampak pada seluruh aspek hidup kita.

Pemahaman 

  • Ayat 1-2     : Apa yang dirasakan oleh pemazmur ketika dosanya diampuni?
  • Ayat 3-5     : Faktor apa yang mendorong pemazmur mengaku dosanya?
  • Ayat 6-7     : Bagaimana Tuhan menjaga setiap orang yang mengaku dosa kepada-Nya?

Pemazmur mengajarkan kepada kita dalam seluruh bagian pasal 32 ini agar kita mau menyatakan dosa kepada Tuhan. Pemazmur menyadari bahwa ketika dosanya diampuni oleh Tuhan maka ia merasakan kebahagiaan yang penuh. Ada beban di dalam hati dan pikiran pemazmur selama ia masih menutupi dosa-dosanya di hadapan Tuhan. Pemazmur memberi penjelasan dengan gambaran tulang-tulang yang menjadi lesu, mengeluh sepanjang hari, siang malam tertekan, hingga merasakan tulang sumsum menjadi kering.

Pemazmur mengambil sebuah keputusan untuk tidak lagi menyembunyikan semua perbuatan dosanya di hadapan Tuhan. Semakin disembunyikannya, maka dosa itu semakin berat dirasakan. Hanya pengampunan Tuhan yang dapat mengubah tekanan dosa menjadi kebahagiaan. Pemazmur meyakinkan bahwa ada kebahagiaan yang penuh ketika ia mengungkapkan perbuatan dosanya kepada Tuhan sebab Tuhan berkenan mengampuni dosa umat-Nya.  Pengampunan yang Tuhan berikan adalah pengampunan yang menyeluruh dan menghadirkan nilai-nilai positif dalam kehidupan serta menjadikan hidup lebih bahagia.

Setiap pengakuan dosa akan direspons oleh Tuhan dengan pengampunan yang memberi kebahagiaan. Kebahagiaan itu terwujud dalam bentuk perlindungan Tuhan dari segala kesesakan dan pencobaan. Tuhan sungguh-sungguh membuat kita bersemangat untuk melanjutkan perjalanan kehidupan kita.

Refleksi
Rasakanlah makanan Anda! Apakah makanan tersebut memberi efek bagi kekuatan untuk menjalani kehidupan hari ini? Sekarang rasakanlah juga pengampunan Tuhan yang memberi kebahagiaan! Apakah kebahagiaan yang Anda rasakan dari Tuhan berefek pada meningkatnya semangat Anda untuk hidup bersama Tuhan?

Tekadku
Tuhan, mampukanlah aku untuk merasakan pengampunan-Mu yang memberi kebahagiaan agar aku semakin bersemangat untuk hidup di jalan-Mu.

Tindakanku
Setiap hari aku akan mensyukuri pengampunan yang Tuhan berikan agar hidupku selalu bahagia. Aku juga akan menjalani kehidupan baru  di jalan Tuhan dengan bahagia pula.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«