suplemenGKI.com

Yesaya 1:16-18

 

Bilamana tuhan berkenan dengan kebaktian kita?

 

Pengantar
Membasuh dan membersihkan badan sebelum datang beribadah adalah tradisi Yahudi sebagaimana banyak dipaparkan dalam Perjanjian Lama. Tindakan ini dipandang sebagai upaya menyucikan diri dari semua kotoran dunia. Namun jika tindakan ini hanya dilakukan secara harafiah, tanpa dimaknai secara mendalam sebagai menjauhkan diri dari perbuatan dosa, maka nisacaya tak akan ada artinya. Melalui Nabi Yesaya, TUHAN Allah juga menyerukan kepada umat Israel agar membasuh dan membersihkan diri dengan menghentikan semua kejahatan yang mereka lakukan serta belajar berbuat baik.

Pemahaman

Ayat 16 – 17        : Apa yang harus kita lakukan agar TUHAN Allah berkenan atas kebaktian dan persembahan kita?

Ayat 18 : Apa janjiNya ketika kita benar-benar bertobat?

Tuhan ALLAH menghendaki, agar sebelum menjumpaiNya dalam kebaktian dan penyembahan, kita terlebih dahulu membasuh dan membersihkan diri. Membasuh dan membersihkan diri hendaknya tidak dimaknai sebagai tindakan ritual semata, namun dengan berhenti berbuat jahat dan belajar berbuat baik. Berbuat baik terutama dimaknai dengan menegakkan keadilan, memberantas penindasan serta memperjuangkan hak para yatim piatu serta membela perkara para janda.

Refleksi
Apakah aku sudah terbiasa untuk “memeriksa diri” sebelum mengikuti sebuah kebaktian? Adakah perbuatan-perbuatanku yang akan mengganggu perjumpaanku dengan TUHAN Allah?

Tekad
Menjadikan ibadahku sebagai perjumpaan dengan Dia yang berkenan kepadaku.

Tindakan
Berhenti melakukan hal-hal yang “jahat” di mata Tuhan. Belajar berbuat baik, terutama bertindak adil dan membela yang lemah sebagai “buah” dari hidup di dalam Dia (Yohanes 15:5).

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«