suplemenGKI.com

 

Yesus Penolong

Yesus Penolong

Bacaan : Yesaya 40 : 12 – 31.

“Allah adalah penolong yang sangat terbukti”

Adanya illah atau allah lain bukan hal baru dalam sejarah kehidupan orang Israel. Persekutuan atau hubungan umat Tuhan dengan bangsa-bangsa lain disekitarnya sedikit banyak membawa pengaruh negative terhadap kehidupan beragama umat Tuhan. Sejarah mencatat bahwa berulang kali Israel terjatuh pada penyembahan illah-illah lain.

Pertanyaan penuntun.

      1.   Mengapa pertanyaan-pertanyaan retorik tentang ke
            Mahakuasaan Tuhan muncul ? seperti, siapa yang
dapat
            menakar air laut ? dengan siapa hendak kamu samakan
           Allah ? [ayat 12-25]

      2. Mengapa sang nabi menyatakan bahwa orang-orang yang   
           menanti-nantikan Tuhan mendapatkan
kekuatan baru ! apa
           maksudnya ? [ ayat 26-31 [ ayat 26-31 ]
      3. Pelajaran apa yang dapat anda petik melalui bacaan hari ini ?

RENUNGAN.

Nabi Yesaya menegaskan bahwa Tuhan Allah adalah Mahakuasa, melebihi apapun yang ada di alam semesta ini. Oleh sebab itu Tuhan Allah tidak dapat dibandingkan dengan apapun dan dengan siapapun yang ada di dunia ini, Dia jauh lebih besar dari segala yang ada di dunia ini [ ayat 12 ], Dia adalah sumber segala hikmat dan pengetahuan [ ayat 13-14 ] Dia jauh lebih kuat dari kekuatan apapun yang ada di dunia ini [ ayat 15-17] bahkan Dia jauh lebih berkuasa dari apapun dan siapapun yang ada di dunia ini [ ayat 21-25].

Kenyataan bahwa Tuhan Allah melebihi segala-galanya mengajarkan bahwa sebenarnya umatNya hanya dapat mengandalkan Tuhan, karena Tuhan adalah sumber pertolongan, namun kenyataannya justru umat Yehuda mencari pertolongan kepada illah-illah bangsa lain dan justru disinilah letak kesalahan terbesar umat Tuhan. Dan jikalau Tuhan menjadi marah dan menghukum mereka justru Tuhan sedang menegur mereka [umatNya] supaya umatNya setia bergantung kepada Tuhan.

Dari sejak jaman nenek moyang Israel Tuhan Allah sudah menunjukkan penyertaan dan kesetiaanNya bahkan pertolonganNya kepada umatNya sudah sangat terbukti. Meskipun umatNya berulangkali jatuh kedalam dosa dan memberontak kepada Tuhan namun Tuhan tetap berkenan menolong saat mereka berbalik kepada Tuhan. Terkadang Tuhan menghukum umatNya dengan hukuman yang berat, seperti peristiwa pembuangan ke Babel, namun hal itu untuk menyadarkan umatNya agar supaya umatNya setia kepada Tuhan, bahkan umat sebenarnya sedang diajar bagaimana mereka berharap kepada Tuhan ditengah-tengah hukuman yang sedang mereka jalani. Karena dengan berharap kepada Tuhan mereka akan mendapat pertolongan Tuhan dan kekuatan baru dari Tuhan.

Sebenarnya kita, sebagai umat Tuhan menyadari bahwa seringkali kita berlaku kurang setia kepada Tuhan, dan ketika kita jatuh dalam penderitaan  dan kita berseru kepada Tuhan meminta pertolonganNya dan kita sering membuktikan bahwa Tuhan selalu menolong kita. Dari sinilah sebenarnya kita bisa belajar untuk hidup setia kepada Tuhan karena pertolonganNya sudah sangat terbukti. Bagaimana dengan anda ? apakah anda adalah orang yang setia kepada Tuhan ? Tuhan beserta kita.

 “Kesetiaan kita kepada Tuhan terbukti pada saat kita mendapatkan tantangan ! apakah kita tetap setia kepadaNya?”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*