suplemenGKI.com

Selasa, 29 Mei 2018

28/05/2018

INGAT KETETAPAN TUHAN

Mazmur 81 : 1 – 11 

 

Pengantar
Manusia bisa lupa atau melupakan sebuah peristiwa, bahkan peristiwa yang sesungguhnya penting dalam hidupnya.

Betapa sering orang percaya tak mampu bersaksi tentang karya TUHAN dalam hidupnya, sehingga penting bagi kita untuk mengadakan peringatan akan apa yang TUHAN telah lakukan dalam hidup kita, agar kita tidak melupakan-NYA dengan berpaling pada allah lain. Sesungguhnya ibadah umat di awal minggu juga menjadi ketetapan yang dapat membawa kita pada kesetiaan kepada TUHAN, sebab dalam ibadah umat di hari Minggu kita merayakan peristiwa kemenangan Kristus yang melepaskan kita dari hukuman dosa, dan membaharui hidup setiap orang yang percaya kepada-NYA. Maka marilah kita membaca Mazmur 81 : 1 – 11 dan merenungkan makna ketetapan dan peringatan yang TUHAN nyatakan. 

 

Pemahaman

Ayat  1 – 8           :  Mengapa ada ketetapan yang harus dilakukan umat TUHAN?
Ayat  9 – 11         :  Apa peringatan TUHAN kepada umat-NYA?

TUHAN menetapkan bahwa dalam bulan baru, bulan purnama, dan pada hari raya yang diadakan umat harus diperdengarkan suara tiupan sangkakala di tengah suasana sorak sorai, lagu serta musik yang indah berkumandang. Hal ini menjadi ingatan akan kekuatan ALLAH yang hebat dalam kehidupan umat-NYA, termasuk yang dialami Yusuf ketika di tanah Mesir. Juga dalam perjalanan dan pengembaraan umat TUHAN di padang gurun. TUHAN yang mengangkat beban mereka, melepaskan kesesakan mereka, dan meluputkan mereka dari segala bahaya.

Maka TUHAN memperingatkan umat-NYA agar jangan ada di antara mereka allah lain, dan jangan mereka menyembah kepada allah asing. Sebab TUHAN, Allah merekalah, yang menuntun mereka keluar dari tanah Mesir. Ini di sampaikan berkaitan dengan pembaharuan perjanjian TUHAN dengan umat-NYA.

Hubungan antara pertolongan TUHAN dan kesetiaan umat menjadi penting dan perlu senantiasa digemakan dalam peristiwa hidup yang penting. Secara khusus Mazmur ini memang terkait dengan pembaharuan perjanjian TUHAN dengan umat-NYA, tapi juga berlaku secara umum untuk pembaharuan hidup orang percaya agar ingat akan karya TUHAN yang hebat dalam hidupnya, dan bertekad setia menyembah TUHAN saja.

Refleksi
Dalam keheningan hati marilah kita mengambil waktu untuk merenungkan:

  • Apakah kita ingat dan juga memperdengarkan kekuatan karya ALLAH dalam hidup kita?
  • Apakah kita setia menyembah kepada TUHAN?

Tekad
TUHAN, jadikan aku sebagai pribadi yang ingat karya-MU yang hebat dan hidup setia kepada-MU. 

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan menandai perjalanan atau peristiwa hidupku dengan pujian dan janji kesetiaan kepada TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»