suplemenGKI.com

Selasa, 29 Mei 2012

28/05/2012

ALLAH MEMBERI MAKAN & MINUM SEMUA CIPTAAN-NYA

Mazmur 104:10-18

 

Pernahkah Saudara kuatir tak bisa makan sebab tak ada makanan di hadapan Saudara?  Saat situasi perekonomian bangsa ini dilanda krisis, pernahkah Saudara takut akan kelangsungan hidup Saudara?

Pendalaman Teks Alkitab

  • Bagaimanakah cara ALLAH memberi makan dan minum seluruh ciptaan-Nya di alam semesta ini?
  • Apakah Saudara yakin bahwa ALLAH juga memberi Saudara makan dan minum?
  • Bagaimanakah agar rantai makanan di alam ini tetap dapat menjadi berkat bagi seluruh ciptaan?

Renungan

Perikop ini menggambarkan ketakjuban Pemazmur yang telah menyaksikan bagaimana Tuhan bukan hanya menciptakan tapi juga menumbuhkembangkan dan terus memelihara ciptaanNya. Gunung dan lembah  dialiri air, segala binatang di padang dan keledai-keledai hutan diberi minum hingga hilang haus mereka, bumi dikenyangkan, hewan diberi makan rumput, manusia diberi makan  melalui  tumbuh-tumbuhan yang diberkati-Nya. Pohon-pohon di hutan pun dikenyangkan. Semua ciptaan menantikan makanan dari Tuhan.

Yang menarik adalah bukan hanya manusia yang menanti kasih dan berkat Allah tapi seluruh ciptaan menanti  makanan dan minuman dari TUHAN. Di samping itu dalam bacaan ini, penonjolan kedudukan dan kekuasaan manusia atas ciptaan lainnya  tidak tampak. Itu berarti bahwa baik manusia maupun ciptaan lainnya tunduk pada kemahakuasaan Allah. Secara singkat dapat disimpulkan bahwa sebagai Pencipta, Allah sesuai rencana-Nya yang agung telah menciptakan segala sesuatu sesuai dengan maksud dan  fungsinya masing-masing dalam hubungan harmonis yang terintegrasi dan saling mempengaruhi antara yang satu dengan yang lainnya.

ALLAH memberi makan dan minum pada hewan dan tumbuhan dan pada gilirannya manusia pun mendapatkan makanan dari ALLAH melalui binatang  dan tumbuhan.   Bila manusia ramah dan menjaga keutuhan kehidupan seluruh ciptaan maka berkat makanan dan minuman anugerah ALLAH bagi seluruh ciptaan pun tetap terjamin. Sebaliknya bila manusia egois, hidup tidak ramah bahkan cenderung merusak kehidupan ciptaan ALLAH di alam ini maka pada saatnya manusia pun menjadi kekurangan makanan dan minuman. Sikap manakah yang menjadi kecenderungan Saudara?

Sayangnya ada banyak orang yang cenderung tak berpikir panjang untuk melestarikan rantai makanan di alam ciptaan TUHAN. Ada banyak orang bersikap tak ramah terhadap lingkungan sekitarnya.  Banyak sawah, hutan dan kebun diubah menjadi pabrik-pabrik. Banyak pabrik maupun bidang usaha  yang lain tidak menyadari limbah usahanya telah mencemari lingkungan dan merusak rantai makanan. Semakin hari manusia cenderung semakin menarik keuntungan sebesar-besarnya dengan cara yang mudah walaupun sikap ini berdampak pada kerusakan alam  dan putusnya rantai makanan anugerah TUHAN.  Sungguh memprihatinkan.

Oleh karena itulah dalam rangka  menyambut  hari Lingkungan hidup sedunia  yang tepatnya jatuh pada tgl 5 Juni 2012,  di Indonesia,  tema Hari Lingkungan Hidup global tahun 2012 “Green Economy: Does it include you?“,  diadaptasi dalam tema Hari Lingkungan Hidup (World Environment Day) tingkat nasional, menjadi “Ekonomi Hijau: Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan”.

Tema ini menyoroti dua hal. Pertama ekonomi hijau adalah penting demi mewujudkan masa depan yang lebih cerah. Kedua, setiap orang baik individu, pemerintah, swasta, maupun masyarakat sipil merupakan komponen penting dalam mewujudkan ekonomi hijau. Mari kita ikut berpartisipasi aktif mewujudkan ekonomi hijau, melestarikan rantai makanan di alam anugerah TUHAN.

Sesungguhnya melalui alam ini, TUHAN memberkati dan mengasihi manusia bahkan menjamin tersedianya kecukupan makanan dan berkat bagi manusia dan seluruh ciptaan TUHAN. Mari mensyukuri karya ALLAH yang selalu memberi makan dan minum pada kita dan semua ciptaan dengan sikap hidup ramah lingkungan.

 

Jadilah perpanjangan tangan ALLAH yang memberi makan dan minum pada seluruh ciptaan maka Anda pun akan diberi makan dan minum.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»