suplemenGKI.com

Selasa, 29 Juni 2021

28/06/2021

TUHAN MEMBEBASKAN DARI BAHAYA

1 Samuel 23:14-18

 

Pengantar
Sate Pak Jamal di Jakarta pernah terkenal di media sosial pada tahun 2016 karena ketenangannya ketika ada di situasi yang berbahaya. Pada saat itu, situasi Jakarta sedang mencekam akibat serangan teroris namun Pak Jamal tetap menjajakan sate dagangannya di dekat lokasi kejadian. Ketika yang lain berlarian, Pak Jamal tetap berjualan bahkan juga meladeni para pembeli yang berkumpul di sekitar lokasi tersebut. Situasi yang membahayakan namun ditanggapi dengan ketenangan. Pada hari ini, kita akan bersama mengimani bahwa Tuhan mampu membebaskan kita dari situasi hidup yang penuh dengan bahaya.

Pemahaman

  • • Ayat 14-15           : Mengapa Allah tidak menyerahkan Daud kepada Saul?
  • • Ayat 16-18           : Apa maksud pesan Yonatan kepada Daud?

Daud, anak Isai, adalah seorang gembala yang biasa menggembalakan kambing domba milik ayahnya. Ketika Saul, Raja Israel mulai hidup menjauh dari Allah, maka Allah mengutus Samuel untuk mengurapi Daud menjadi raja. Karena Roh Tuhan ada pada Daud dan tidak lagi bersama dengan Saul, maka setiap perbuatan Saul sejak saat itu adalah perbuatan-perbuatan yang jahat, membahayakan, sekaligus mencelakakan kehidupan Daud. Kebencian itu dimulai ketika Daud berhasil memenangkan peperangan melawan Goliat. Rakyat yang mengelukan nama Daud menimbulkan kebencian di dalam hati Saul (1Sam. 16-22).

Daud ada pada masa pelarian. Ia menghindar dan terus berlari dari kejaran Saul. Untuk kesekian kalinya, Daud harus bersembunyi dari Saul. Apabila tidak, ancaman atau bahaya kematian akibat serangan Saul sudah menantinya. Akan tetapi, Allah selalu melindungi Daud dalam setiap perjalanannya. Ketika Daud tiba di padang gurun Zif, Allah tidak menyerahkan Daud kedalam tangan Saul. Pada saat itu, Daud menghadapinya dengan penuh ketakutan. Walau ada dalam ketakutan, ternyata Allah juga selalu menjaga kehidupannya. Sebab Allah memiliki rencana yang besar bagi kehidupan Daud, dan juga Roh Tuhan selalu beserta dengan Daud.

Daud sungguh-sungguh dikasihi oleh Allah. Allah tidak hanya menjauhkan Daud dari kejaran Saul, tetapi Yonatan hadir untuk menyampaikan pesan dan penguatan yang bersumber dari janji Allah kepada Daud. Janji-janji itu memuat pesan agar Daud tidak takut serta janji akan menjadi raja Israel. Tentu tujuannya adalah agar Daud tetap setia mengikuti perjalanan ini.

Pelarian dan situasi yang mencekam dapat dipakai Allah untuk menghadirkan sukacita. Daud belajar untuk percaya pada janji-janji Allah yang menyelamatkan hidupnya. Bahkan, Yonatan juga hadir untuk menguatkan kepercayaan Daud kepada Allah. Kehadiran Yonatan dalam kisah ini menjadi titik penambah semangat dan sukacita bagi Daud di balik semua ketakutannya. 

Refleksi
Melalui kisah Daud di padang gurun Zif, kita belajar bahwa Daud begitu setia kepada Tuhan melalui setiap hal yang terjadi di dalam hidupnya. Situasi hidupnya penuh dengan bahaya, namun ia selalu percaya bahwa Tuhan pasti akan menolongnya. Ketika ketakutan melanda, ia pun dikuatkan untuk terus memiliki pengharapan pada janji-janji yang sudah diberikan oleh Tuhan.

Dalam kehidupan kita setiap hari, kita pernah atau juga sedang ada di dalam situasi yang penuh dengan bahaya. Kita diajak untuk merenungkan bahwa ada Tuhan yang selalu menyertai kehidupan kita. Ketika ketakutan melanda, kita dikuatkan untuk selalu memiliki pengharapan. Maka dari itu, janganlah meninggalkan Tuhan sedikitpun. Dalam setiap persoalan hidup, Ia selalu ada dan berkarya bagi kita memberi kekuatan untuk kita mampu menghadapinya.

Tekadku
Tuhan, biarlah Roh Kudus memampukan kami untuk meneguhkan hati kami di dalam-Mu setiap kali kami menghadapi persoalan yang berat dan membahayakan kehidupan kami. Engkau memimpin kami dan bimbinglah kami seturut kehendak-Mu.

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan: (1) selalu berdoa apabila ada dalam pergumulan yang berat, (2) selalu mendoakan sesama saya agar mereka juga mampu menghadapi pergumulan kehidupan mereka.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»