suplemenGKI.com

Bacaan : Kejadian 32 : 22-32.

“BERGUMUL DEMI BERKAT”

PENGANTAR :
Pada malam hari sebelum perjumpaan dengan Esau, Yakub menghadapi ujian yang paling menentukan disepanjang hidupnya. Setelah ia membawa istri dan anak-anaknya menyeberangi sungai Yabok dengan aman, Yakub berbalik kepinggir sungai dan berada sendirian dalam kegelapan. Dalam kesendiriannya Yakub berjumpa dengan seseorang yang bergumul (baca : bergulat) dengannya. Seseorang ini diyakini sebagai Malaikat bahkan Tuhan. oleh sebab itu Yakub bergulat cukup lama agar sosok Lelaki yang bergulat dengannya memberinya Berkat.

PEMAHAMAN :

1. Apa yang terjadi dalam pergulatan Yakub dengan seseorang yang diyakini adalah Tuhan ? (ayt 22-26), Apa makna pergumulan ditepi sungai Yabok itu bagi Yakub ?

2. Mengapa Seseorang tersebut mengganti nama Yakub menjadi Israel ? apa maknanya ? apakah IA akhirnya memberkati Yakub ?( ayt 27-32)

3. Pelajaran apakah yang dapat kita petik dari peristiwa ini ?

Dalam pergulatan yang cukup lama tersebut Seseorang yang diyakini sebagai Tuhan tersebut memukul “pangkal paha” Yakub hingga pangkal pahanya terpelecok. Kini Yakub pincang, ia tidak dapat berlari lagi. Ia pernah berlari menjauhi Esau dan saat ini ia pun lari meninggalkan Laban, tetapi sekarang ia tidak dapat lari lagi. Jika selama ini Yakub telah melarikan diri dari masalah maka sekarang ia harus menghadapi masalah itu. Oleh sebab itu Yakub tidak melepaskan lawannya begitu saja sebelum IA memberkatinya. Apakah Yakub yang saat itu sudah menjadi kaya, masih merasa kurang sehingga ia terus-menerus memohon berkat ? apakah berkat yang diperolehnya dari hak kesulungan belum cukup membuatnya tenang ? Ya, pergulatan di sungai Yabok tersebut mungkin lebih tepat disebut sebagai pergulatan melawan dirinya sendiri. Ia harus bergulat melawan ketakutannya, rasa tidak berharganya dan segala sesuatu yang membuat ia tidak tenang (persoalan). Sebelum Seseorang yang diyakini Tuhan memberkati Yakub, IA bertanya tentang namanya, dan dengan tegas Yakub menjawab, “Yakub”. Namun IA mengatakan kepada Yakub, “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang”. Nama Yakub berarti memegang tumit atau pengganti. Namun dikemudian hari nama itu dihubungkan dengan tindak penipuan. Tidak ada yang bisa dibanggakan Yakub dengan nama itu. Namun IA menggantinya dengan nama Israel artinya Allah bergumul. Sekarang Yakub tidak perlu  berjuang sendiri karena Allah menyatakan dengan jelas bahwa IA ( Tuhan ) bersama dengan Yakub. Dan akhirnya  IA memberkati Yakub.Sejak peristiwa ini Yakub dirubah Tuhan menjadi orang terhormat yang mendapatkan kasih dan perkenan Allah.

Ketika menghadapi masalah seringkali kita lari dari masalah tersebut, namun sebagai orang percaya kita tidak seharusnya lari dari masalah, tapi harus menghadapinya. Bahkan terkadang kita harus bergumul dengan kencang agar menang dalam masalah. Namun yang pasti bahwa Tuhan menyertai kita termasuk ketika kita sedang menghadapi masalah. Amin.

REFLEKSI :
Renungkanlah ! Pernahkah saudara bergumul sangat kencang ketika menghadapi persoalan yang menakutkan ? apa yang saudara inginkan agar Tuhan lakukan ? Bagaimana jawaban Tuhan ?

TEKADKU :
Ya Tuhan, tolonglah saya dalam pergulatan melawan ketakutan, krisis iman dan persoalan hidup.

TINDAKANKU :
Pergulatan hidup tidaklah mudah, terkadang kita harus bergumul kencang. Mulai hari ini saya harus berjuang dan bergumul dalam pergulatan hidup ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«