suplemenGKI.com

Yeremia 1:11-19

MELATIH KEPEKAAN DAN KEBERANIAN

PENGANTAR
Tuhan hendak memakai Yeremia dalam rentang waktu yang panjang dengan tantangan yang tidak ringan. Yeremia melayani sebagai nabi selama lebih dari 40 tahun, melewati masa pemerintahan tiga orang raja yang besar, yaitu raja Yosia (640-609 SM), raja Yoyakim (609-598 SM), dan raja Zedekia (597-586 SM). Seperti yang telah kita pelajari kemarin, firman Tuhan yang disampaikan oleh Yeremia berisi seruan untuk melakukan reformasi rohani, dan juga nubuat mengenai hukuman atas dosa-dosa mereka. Karena itu, Tuhan benar-benar mempersiapkan Yeremia dengan baik sebelum Ia mengutusnya. Tuhan melatih kemampuan Yeremia untuk memahami firman Tuhan dan mendorong Yeremia untuk memberitakannya dengan penuh keberanian.

PEMAHAMAN

  • Ayat 11-12. Tuhan melatih kepekaan Yeremia dengan memberikan dua penglihatan. Perhatikanlah penglihatan yang pertama (ay.11).  Apa arti penglihatan ini? (ay.12. Catatan: pohon badam adalah pohon yang pertama bertumbuh di musim semi.  Kata ‘badam’ dalam bahasa Ibrani berarti berjaga-jaga).  Apa tujuan Tuhan memberikan penglihatan ini?
  • Ayat 13-16. Perhatikanlah penglihatan yang kedua (a.13).  Apa arti penglihatan ini? (ay.14. Catatan: kerajaan Babel berada di sebelah timur laut dari Yehuda.  Serangan dari arah utara juga digunakan oleh kerajaan Asyur ketika menyerbu Israel).  Mengapa hal itu terjadi? (ay.16)
  • Ayat 17-19. Mengapa Yeremia harus mempersiapkan diri? (ay.17)  Apa yang akan Tuhan lakukan terhadap Yeremia dalam persiapan ini? (ay.18).  Apa janji Tuhan kepadanya? (ay.19)

Dua penglihatan yang diterima Yeremia merupakan latihan yang penting bagi kepekaan Yeremia untuk menangkap dan memahami firman Allah.  Setelah memberikan penglihatan kepadanya, Tuhan bertanya untuk mengetahui apakah Yeremia melihat dengan tepat.  Yeremia ternyata dapat menangkap penglihatan-penglihatan itu dengan baik. (ay. 12: “Baik penglihatanmu, …).  Penglihatan ini memberi pesan agar umat Tuhan berjaga-jaga karena Tuhan siap untuk melakukan firman Tuhan.

Penglihatan yang kedua berupa sebuah periuk yang mendidih. Ini menggambarkan malapetaka yang hebat yang akan menimpa umat-Nya, yaitu serangan militer dari dua kerajaan besar di sebelah utara mereka, Babel dan Asyur. Umat Tuhan harus bersiap menghadapi malapetaka tersebut.

Untuk menyampaikan apa yang dilihatnya, Yeremia memerlukan kualitas yang lain, yaitu keberanian.  Tuhan tahu bahwa Yeremia akan menghadapi tekanan dan serangan dari berbagai pihak dan Tuhan telah menyediakan kuasanya untuk menyertai Yeremia.

REFLEKSI
Tuhan memanggil Anda untuk mengerjakan pelayanan yang penting dan berkualitas. Karena itu, Tuhan terus-menerus mendorong Anda untuk melatih kemampuan dan komitmen Anda.

TEKADKU
Ya Allah yang kudus, mampukanlah aku mengerjakan tugas pelayananku dengan kesungguhan hati. Aku akan melatih kemampuanku agar dapat melayani-Mu lebih baik lagi.

TINDAKANKU
Saya akan meningkatkan kualitas dan kemampuan saya melayani dalam hal … … … … … … … … … …, dengan cara: … … … … … … … … … … … … … … … … .

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«