suplemenGKI.com

Yeremia 31:10-14

MEMBERITAKAN KARYA PEMULIHAN ALLAH

PENGANTAR

Bayangkan jika umat Tuhan di masa lampau tidak punya kerinduan untuk bersaksi mengenai karya pemulihan yang mereka alami. Tentunya, Alkitab kita akan menjadi sangat tipis dan kita akan kehilangan banyak bagian yang mencatat fakta-fakta sejarah mengenai kasih dan kuasa Allah.  Atau, dengan kata lain, kita akan kehilangan banyak “vitamin” yang kita butuhkan untuk pertumbuhan rohani kita. Kesaksian mengenai karya pemulihan Allah sangatlah penting untuk pertumbuhan iman umat-Nya.

PEMAHAMAN

Dalam Yeremia 31:4-6, janji Tuhan untuk memulihkan keadaan umat-Nya meliputi tiga area, yaitu pulihnya keberadaan/ eksistensi mereka sebagai suatu bangsa (ay. 3), pulihnya kemakmuran dan kesejahteraan mereka secara ekonomi (ay. 4), dan pulihnya kehidupan rohani mereka sebagai umat Tuhan (ay. 6). Bacaan kita hari ini (ay. 10-14) menjelaskan lebih rinci mengenai hal tersebut.

Ay. 10-11.  Apa yang dilakukan Tuhan untuk memulihkan keberadaan/ eksistensi mereka sebagai suatu bangsa? Gambaran apa yang dipakai di sini?

Ay. 12-13   Apa yang akan menandai pulihnya kesejahteraan mereka? Siapa saja yang merayakan pulihnya kesejahteraan ini?

Ay. 14          Apa yang menandai pulihnya kehidupan rohani mereka sebagai umat Tuhan? Siapa saja yang menikmati pemulihan ini?

Untuk memulihkan keberadaan/ eksistensi mereka sebagai suatu bangsa Tuhan mengumpulkan mereka dan menjaga mereka. Gambaran yang digunakan di sini adalah seorang gembala yang mengumpulkan dan menjaga kawanan dombanya. Tuhan juga harus “membebaskan” dan “menebus” mereka karena status mereka pada waktu itu adalah budak yang berada di bawah kekuasaan bangsa lain. Dalam hal ini, kita dapat melihat betapa besar-Nya kasih dan kuasa Tuhan yang dinyatakan kepada umat-Nya.

Umat Tuhan juga akan mengalami pemulihan kesejahteraan secara ekonomi. Tuhan memberkati mereka sehingga kebun dan ternak mereka memberikan hasil yang melimpah. Pulihnya kesejahteraan ini dirayakan dengan penuh sukacita oleh semua generasi, orang-orang muda dan orang-orang tua.

Hal yang terakhir, namun yang paling penting, adalah pulihnya kehidupan rohani mereka sebagai umat Tuhan. Sukacita juga terjadi di rumah Tuhan. Para imam bersukacita melihat keadaan umat-Nya yang diberkati dan mengalami kebaikan Tuhan.

REFLEKSI

Pemulihan yang sejati berlangsung secara menyeluruh, meliputi semua aspek kehidupan kita. Namun, yang terpenting adalah pemulihan spiritual, yaitu pulihnya kehidupan yang penuh sukacita sebagai umat Allah. Pemulihan seperti inilah yang seharusnya kita beritakan kepada orang-orang di sekitar kita.

TEKADKU

Tuhan, berikan aku kesempatan dan kemampuan untuk memberitakan karya pemulihan-Mu dalam kehidupanku. Pakailah hidupku untuk menyatakan kasih dan kuasa-Mu.

TINDAKANKU

Dalam minggu ini, aku akan bersaksi (minimal kepada satu orang) mengenai karya pemulihan yang telah Tuhan kerjakan dalam hidupku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*