suplemenGKI.com

Selasa, 28 Juli 2020

27/07/2020

PENTINGNYA HIKMAT YANG DARI ATAS

Yakobus 3:13-18

 

Pengantar
Setiap hari kita bisa mengambil banyak keputusan. Mulai dari hal-hal yang rutin sampai yang dapat menentukan masa depan kita. Hari ini kita dikuatkan Firman Tuhan untuk selalu belajar mementingkan hikmat yang dari atas agar kita dapat menjadi orang-orang yang bijak dan berbudi serta sesuai dengan kehendak-Nya dalam pengambilan keputusan.

Pemahaman
Ayat 13                     : Mengapa Yakobus berbicara tentang hikmat?
Ayat 14-16               : Apa dampak yang ditimbulkan oleh hikmat dari dunia?
Ayat 17-18               : Apa tanda bahwa seseorang hidup dengan hikmat yang dari atas?

Para pembaca surat Yakobus adalah orang-orang Kristen yang bertumbuh dan hidup di tengah budaya Yahudi. Mereka adalah para perantau dari dua belas suku Israel. Mereka bertemu dengan ajaran-ajaran yang mengutamakan tradisi. Di sisi lain, mereka memiliki kesempatan untuk dapat menunjukkan cara hidup yang berkenan kepada Kristus. Maka dari itu, surat Yakobus menekankan pentingnya hidup yang selalu berpegang teguh pada Kristus dan mengarahkan hidup pada-Nya. Yakobus menginginkan agar semua orang percaya dapat menjadi teladan iman dan perbuatan bagi sekitarnya.

Iman yang kuat membuat setiap orang bisa semakin teguh dalam menjalani kehidupannya. Untuk itulah dibutuhkan hikmat dari Tuhan supaya iman dapat semakin kuat dan tahan menghadapi berbagai cobaan. Yakobus menjelaskan kepada para pembacanya bahwa ada dualisme hikmat di dalam kehidupan setiap manusia, yaitu hikmat yang berasal dari atas dan hikmat yang berasal dari dunia. Hikmat yang sering digunakan di dalam kehidupan sekitar dua belas suku yang merantau ini adalah hikmat yang berasal dari dunia yang membuat mereka sering bertindak secara duniawi, mengutamakan nafsu pribadi, termasuk juga keinginan-keinginan dan hasrat pribadi tanpa mempedulikan kehadiran Tuhan dan juga tanpa melibatkan Tuhan di dalam proses kehidupan. Yakobus menampilkan contoh tentang mudahnya mereka yang menggunakan hikmat dari dunia untuk jatuh dalam pencobaan iri hati, mementingkan diri sendiri, kekacauan, dan segala macam perbuatan jahat (ayat 16). Yakobus memberi penekanan pada praktek pengambilan keputusan sehari-hari yang sering dilakukan oleh orang-orang pada masa itu. Banyak orang mementingkan keinginannya sendiri sehingga tidak jarang dari mereka yang mengesampingkan Tuhan dalam proses pengambilan keputusan. Yakobus menggambarkan hidup orang-orang percaya bagaikan ada di dalam pencobaan sebagai ujian. Melalui ujian-ujian itu, iman menghasilkan ketekunan, sehingga orang percaya benar-benar membutuhkan hikmat dari Tuhan.

Untuk itulah, Yakobus mendorong setiap orang percaya untuk menggunakan hikmat yang dari atas (ayat 17). Hikmat yang dari atas adalah hikmat yang diberikan Tuhan kepada setiap orang percaya. Hikmat dari Tuhan memampukan manusia untuk dapat hidup dengan bijak dan mampu mengoptimalkan akal budi yang dimiliki dalam setiap kondisi kehidupan. Orang-orang yang dapat menggunakan hikmat dengan tepat adalah orang-orang yang mampu menghadirkan damai sejahtera bagi orang-orang di lingkungannya.

Refleksi
Kita selalu membutuhkan hikmat yang dari atas, yaitu hikmat yang berasal dari Tuhan. Hikmat adalah sebuah anugerah yang Tuhan berikan bagi setiap orang. Dengan memohon dan berdoa pada Tuhan, hikmat yang Ia berikan kepada kita mampu kita rasakan dalam hidup kita. Apakah kita sering mengambil keputusan dengan pola pikir kita sendiri? Apa yang biasanya membuat kita melakukan hal tersebut? Ada banyak keputusan yang harus kita ambil di dalam kehidupan kita yang tentu berkaitan dengan kelangsungan hidup kita ke depan. Hikmat dari Tuhan dibutuhkan agar kita mampu melangkahkan kaki dan menjalani hidup bersama-Nya.

Tekadku
Tuhan, berikanlah selalu hikmat dari Engkau agar dapat memutuskan segala yang baik dan tepat dengan bijak dan sesuai kehendak-Mu.

Tindakanku
Mulai hari ini, aku akan mempertimbangkan dengan matang setiap keputusan aku ambil dan meminta penyertaan Tuhan lewat hikmat yang Ia berikan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»