suplemenGKI.com

SEMANGAT MEMEGAHKAN TUHAN DAN TAAT FIRMANNYA

Mazmur 147 : 12 – 20  

 

PENGANTAR
Ketika seseorang hanya hidup berfokus pada dirinya sendiri, apalagi pada kemampuan atau kelebihan yang dimilikinya maka hal ini dapat membawanya pada sebuah sikap sombong, atau dalam istilah lain adalah memegahkan diri. Tentu ini bukan sikap yang baik karena sesungguhnya hanya TUHAN yang patut dimegahkan, atau dalam ungkapan lain, kita hanya boleh bermegah di dalam TUHAN. Hidup kita seharusnya berfokus kepada TUHAN sebagai sumber segala yang baik. Dalam Mazmur 147 : 12 – 20  yang kita baca pada hari ini, kita diajak untuk fokus melihat dan merasakan karya pemeliharaan TUHAN serta menyaksikan betapa berkuasanya TUHAN dan firman-NYA.

PEMAHAMAN
Ayat 12 – 14        :  Bagaimana karya pemeliharaan TUHAN bagi umat-NYA?
Ayat 15 – 20        :  Bagaimana kuasa TUHAN nampak melalui dan dalam firman-NYA?

Dalam ayat 12 – 14, umat diajak untuk memegahkan TUHAN yang telah berkarya memberi perlindungan, keamanan, dan kesejahteraan bagi mereka serta memberkati anak-anak mereka. Ini memberi gambaran tentang kehidupan yang baik di masa sekarang maupun di masa depan dalam diri anak-anak mereka. Sekali lagi kita melihat bagaimana karya TUHAN yang terus berkelanjutan dan memberi pengharapan (baca: jaminan) akan masa depan yang terbaik.

Dan dalam ayat 15 – 20 dinyatakan tentang kuasa TUHAN yang hebat melalui dan dalam firman-NYA, bukan saja dalam mengatur dan mengendalikan alam tetapi juga dalam menuntun dan memelihara kehidupan umat secara istimewa. Dengan demikian kita seharusnya dapat mendengarkan dan menaati firman TUHAN agar kehidupan kita terpimpin dan terpelihara secara baik di dalam rancangan damai sejahtera-NYA bagi umat atau setiap orang yang telah dipilih, dipanggil, dan dikuduskan-NYA.

Bahkan dalam masa raya Natal, kita juga diajak untuk menghayati kehadiran Sang Firman yang menjadi manusia, yang datang melawat kita. DIA membawa kita keluar dari kegelapan maut menuju ke terang kehidupan kekal.

TUHAN melawat dan selamatkan kita. Mari kita semangat memegahkan TUHAN dan taat firman-NYA.

REFLEKSI
Dalam keheningan hati marilah kita mengambil waktu untuk merenungkan:

  • Apakah kita telah memegahkan TUHAN dalam hidup kita yang senantiasa dipelihara-NYA?
  • Apakah kita terus mendengarkan dan menaati firman TUHAN yang telah disampaikan-NYA untuk menjamin kebahagiaan hidup kita? 

 

TEKADKU
TUHAN, jadikan aku pribadi yang bersemangat untuk memegahkan TUHAN serta setia menaati firman-MU yang berkuasa memimpin dan memelihara hidupku. 

TINDAKANKU
Dalam segala situasi kehidupan, saya akan menghindari sikap sombong atau memegahkan diri serta lebih berfokus kepada TUHAN dan setiap firman-NYA.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«