suplemenGKI.com

Mazmur 72 : 1 –  14.

“Berharap akan Sang Ratu Adil”

Mazmur ini ( pasal 72 ) melukiskan gambaran Sang Ratu Adil yang dicita-citakan oleh umat Israel. Sang Ratu Adil yang sangat diharapkan dihubungkan dengan raja yang termulia didalam sejarah bangsa itu yaitu Salomo bin Daud. Mula-mula memaparkan tentang raja yang baru naik takhta tentang Ratu/Raja yang adil yang dicita-citakannya, kemudian beralih kepada hasil pemerintahan raja. Akan tetapi akhirnya dalam doanya perhatian beralih kepada Raja yang akan dibangkitkan Tuhan dari keturunan Daud yang disebut Raja Mesias.

Pertanyaan penuntun.

1.       Apa harapan umat terhadap Raja yang dicita-citakan ? ( ayat 1 )

2.       Bagaimana harapan umat terhadap pemerintahan Raja yang  dicita-citakan ? ( ayat 2 – 7 )

Renungan.

Dalam situasi yang tidak menentu, dimana rakyat mengalami banyak penderitaan, kemiskinan, ketidakadilan, dan banyaknya kejahatan, maka mereka sangat berharap akan datangnya Sang Ratu Adil. Kedatangan Sang Ratu Adil diharapkan dapat memberikan keamanan, kesejahteraan dan keadilan dalam kehidupan. Dan harapan tersebut nampak begitu kuat sehingga kehidupan orang-orang yang berada dalam penderitaan dan ketidakadilan dapat segera berubah. Pemazmur dalam doanya mengatakan, “Ya Allah, berikanlah hukum-Mu kepada raja dan keadilan-Mu kepada putra raja” (ayat 1). Di sini kita akan melihat harapan-harapan umat Tuhan kepada Sang Ratu adil.

1.       Membela hak orang lemah, tertindas dan miskin. ( ayat 4 ).

Orang-orang lemah, tertindas dan miskin adalah orang-orang yang tidak mempunyai penolong yang dapat bertindak di depan pengadilan.

2.       Menghakimi dan menghukum.

Bahwa sang ratu adil diharapkandapat melaksanakan keadilan yang seadil-adilnya dengan menghukum yang salah.

3.       Kebijaksanaan dalam memerintah.

Kebijaksanaan sang Ratu adil berdampak terhadap terciptanya damai sejahtera bagi  orang-orang yang dipimpinnya.

4.       Memberikan kebebasan/kemerdekaan terhadap bangsanya.

Sang Ratu adil harus mampu menjamin keamanan bangsanya dari serangan musuh agar rakyat dapat terlindungi dan tetap aman.

Jika demikian apakah harapan akan datangnya Sang Ratu Adil itu dapat terwujud ? ya itu pasti bisa terwujud. Mazmur ini merupakan nubuatan tentang Yesus kristus Sang Ratu Adil. Yesus Kristus adalah Raja Damai yang sangat pedduli/berpihak pada yang lemah, miskin dan tertindas.

Yesus Kristus adalah sang Raja Damai yang membela kita, yang memerintah kita dengan sangat bijaksana bahkan memberikan kemerdekaan yang sempurnah dari segala belenggu dosa. Untuk itu marilah kita bersyukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang yang adalah Raja Damai ( Ratu Adil ) yang menjadi harapan dalam kehidupan kita. Amin.

“Tuhan Yesus adalah Sang Ratu Adil yang menjadi pengharapan kehidupan setiap orang.”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«