suplemenGKI.com

1 Petrus 2:1-10

KESELAMATAN & TANGGUNG JAWAB

PENGANTAR
Keselamatan yang diterima dari Tuhan bukan hanya merupakan anugerah untuk dinikmati, melainkan juga tanggung jawab yang harus diwujudkan dalam hidup sehari-hari.  Itulah sebabnya, setelah menyadari betapa mahalnya harga tebusan yang dibayar Kristus bagi kita, kita didorong untuk mewujudkan kehidupan kristiani yang baru, sebagai orang-orang yang telah dilahirkan kembali (1 Pet. 1:23).  

PEMAHAMAN

  • Ay. 1-3.  Mengapa kita disebut sebagai orang-orang yang telah “mengecap kebaikan Tuhan”? (lihat 1 Pet 1:18-19)  Sebutkan dua hal yang harus kita lakukan sebagai orang-orang yang telah mengecap kebaikan Tuhan?
  • Ay. 4-8. Dalam bagian ini kita juga didorong untuk ambil bagian dalam pembangunan “rumah rohani,” yaitu gereja (persekutuan orang percaya).  Di dalam pembangunan rumah rohani ini, di manakah peranan Kristus? (ay.6)  Di manakah peranan kita?  (ay.5) Apa yang harus kita lakukan agar berperan dengan baik? (ay.4 dan ay.6b).
  • Ay. 9-10.  Sejak menerima anugerah penebusan melalui Yesus Kristus, kita telah menyandang status yang baru.  Status apa sajakah yang disebutkan di sini?  Dengan status tersebut, tugas/ tanggung jawab apakah yang harus kita kerjakan?

Wujud kebaikan Tuhan yang paling penting dan paling agung adalah keselamatan yang kita terima melalui karya penebusan Yesus Kristus. Keselamatan itu bukan hanya kita nantikan untuk kita nikmati kelak di kemudian hari, namun sekarang pun kita sudah boleh mengecapnya.  Bagaimana caranya?  Pertama, kita harus membuang segala dosa kita.  Kedua, kita harus mengupayakan pertumbuhan rohani kita.  Seperti bayi yang selalu ingin akan air susu yang murni, demikian seharusnya kita haus akan setiap “makanan” yang dapat menumbuhkan kerohanian kita.

Jika kita menjalankan proses hidup baru kita dengan baik, kita pun akan berperan dengan baik dalam pembangunan “rumah rohani” yaitu gereja-Nya.  Betapa memprihatinkan melihat orang-orang Kristen yang sangat bersemangat ingin terlibat dalam pelayanan, namun mengabaikan pertumbuhan rohaninya dan tidak peduli dengan kekudusan hidupnya.  Kita harus senantiasa ingat, bahwa rumah rohani kita dibangun dengan Kristus sebagai batu penjurunya.  Artinya, kehidupan dan kerohanian Kristus menjadi ukuran/standar kualitas batu-batu berikutnya.  Kualitas kehidupan dan kerohanian Kristus menjadi ukuran bagi kita yang melanjutkan karya-Nya.

Ingatlah bahwa status baru yang kita sandang sangatlah agung: bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, dan umat kepunyaan Allah.  Panggilan yang harus kita kerjakan pun sangat mulia:  memberitakan perbuatan-perbuatan-Nya yang besar.  Mari kita melakukannya dengan taat dan setia.

REFLEKSI
Lahir baru adalah karya dan anugerah Tuhan. Hidup baru adalah perjuangan kita bersama dengan Tuhan.

TEKADKU
Tuhan, berikan aku anugerah untuk mengerjakan tanggung jawabku sebagai orang yang telah diselamatkan.

TINDAKANKU
Aku akan melakukan minimal salah satu dari dua hal ini: 1) membaca Alkitab secara rutin, 2) mengikuti Pemahaman Alkitab (PA).

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«