suplemenGKI.com

 

Foot Prints Of God

Foot Prints Of God

Yesaya 50:7-9a

 

Tuhan Tidak Akan Meninggalkan Orang Yang Taat Kepada-Nya

 

Salah satu trik atau cara yang biasa dilakukan oleh banyak orang, tidak terkecuali orang Kristen ketika diperhadapkan dengan kesulitan, tantangan atau situasi yang tidak mendukung eksistensinya atau keberadaannya apakah di suatu komunitas, instansi, pekerjaan atau posisi adalah mengambil jalan kompromi. Dengan istilah lain mengambil sikap abu-abu. Salah satu jemaat yang pernah saya jumpai, ketika kami terlibat banyak pembicaraan seputar situasi yang dialami oleh kaum minoritas (khususnya orang Kristen) berpendapat demikian “Kita ini sebagai orang Kristen yang adalah kaum minoritas, sebaiknya jangan terlalu terang-terangan kalau misalnya berdoa, beribadah atau menyanyi memuji Tuhan, apalagi di depan orang yang tidak seiman dengan kita, supaya kita tidak dimusuhi orang yang mayoritas” Ketika mendengar pernyataan itu saya menjadi sedih, dan berkata dalam hati “jika semua orang Kristen bersikap demikian, bagaimana bisa menyaksikan kebenaran sejati dari Tuhan Yesus?

Dalam Yesaya 50:7-9a, kita menjumpai bagaimana keteguhan dan ketaatan seorang Hamba yang sejati walaupun ia harus mengalami penderitaan, penganiayaan atau kesulitan. Apa yang menjadi rahasianya?

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:
1) Apa makna pernyataan-pernyataan yang tertulis dalam ay. 7-9?
2) Apakah yang ditunjukan oleh hamba Tuhan yang sejati sebagai sikap keteguhan hatinya?

Renungan:

The Wycliffe Bible Commentary, menyatakan bahwa Yesaya 50 ini sebagai nubuatan yang berbicara mengenai ketaatan yang luhur dan mulia yang ditunjukan oleh Yesus Kristus dalam karya penyelamatan-Nya kepada manusia berdosa sebagai panggilan kehendak Bapa. Ketaatan yang luhur dan mulia itu digambarkan seperti keteguhan gunung batu. Suatu ketaatan yang tidak tergoyahkan, tidak terpengaruhi dan tidak tergerus oleh apapun yang dihadapi. Ketaatan yang berlandaskan kebenaran, keyakinan dan keberanian untuk menghadapi musuh-musuh maupun penderitaan, penghinaan dan penganiayaan.

Ketaatan yang luhur dan mulia itu bukan muncul tanpa dasar, melainkan berdasarkan keyakinan yang kuat bahwa Allah yang mengutus-Nya pasti akan menolong, membela dan membenarkan-Nya. Keyakinan akan pertolongan, pembelaan dan pembenaran dari Allah bukan karena Ia sebagai hamba maka wajib mendapatkan semuanya, tetapi karena sikap ketaatan, dengar-dengaran kepada Allah dan kepasrahan kepada kehendak dan rencana Bapa yang mengutus-Nya (v. 10)

Bagaimana dengan kita sebagai murid-murid Tuhan Yesus? Terkadang kita merasa Tuhan meninggalkan kita, Tuhan tidak membela kita dan Tuhan tidak membenarkan kita. Ketika kita digayuti perasaan-perasaan yang demikian, beberapa hal yang harus kita renungkan: 1) Apakah kita sudah memiliki ketaatan yang luhur dan mulia? Yaitu ketaatan yang kokoh seperti gunung batu, tidak mudah goyah oleh godaan apapun juga, ketaatan yang senantiasa bergantung kepada kebenaran Tuhan Yesus yang telah memanggil kita sebagai murid-Nya dan ketaatan yang tidak mau kompromi terhadap segala sesuatu yang tidak benar. 2) Apakah kita sudah memiliki sikap hidup yang takut kepada Tuhan Yesus? Sikap hidup takut kepada Tuhan Yesus adalah dengar-dengaran terhadap firman-Nya. Dengar-dengaran terhadap firman Tuhan berarti menjadikan firman Tuhan sebagai penuntun, kekuatan dan sumber keberanian dalam menghadapi segala persoalan, kesulitan dan masalah hidup. Takut akan Tuhan juga dinyatakan melalui sikap hidup benar serta menjauhi kegelapan/hal-hal yang tidak disukai oleh Tuhan Yesus. Sebaliknya selalu rindu melakukan perkara-perkara yang menyenangkan hati Tuhan.

Saudaraku, percayalah bahwa jika kita memiliki ketaatan yang luhur dan mulia, Tuhan tidak akan meninggalkan kita, Tuhan tidak akan membiarkan kita melainkan Tuhan akan menunjukan kebenaran-Nya dalam hidup kita. Berjuanglah untuk tetap taat kepada Tuhan dengan ketaatan yang luhur dan mulia. Tuhan memberkati.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«