suplemenGKI.com
Jesus Terang Dunia

Jesus Terang Dunia

Yoh 8:12-19

Yesus Terang Dunia 

                Sangat menarik sekali pernyataan Yesus sebagai terang dunia ditempatkan setelah perikop tentang perempuan yang berdosa. Pernyataan Yesus sebagai terang dunia ini dijalani oleh Yohanes yang ingin memberikan penegasan bahwa Yesus adalah Firman (logos) dan Firman itu telah menjadi manusia.

  1. Menurut saudara mengapa Yesus menyatakan dirinya sebagai Terang?
  2. Mengapa kesaksian Yesus tidak dapat diterima oleh orang-orang Farisi?
  3. Apa makna dari perkataan terang dunia?
  4. Menurut saudara apa makna dari bacaan di atas? 

Renungan:

                Dalam kitab Yohanes pasal 18 awal, diceritakan bahwa ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi dan banyak orang membawa seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah (tertangkap basah) diperhadapkan kepada Tuhan Yesus. Menurut mereka, orang semacam ini layak untuk dirajam dengan batu dan hal ini sesuai dengan ajaran Musa. Tuhan Yesus menjawab: “Barangsiapa diantara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan ini”. Akhirnya tidak ada seorangpun yang berani melempari perempuan itu dengan batu. Cerita ini sangat memilukan hati Yesus, karena tokoh agamanyapun (ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi) terlibat dalam rancangan untuk menangkap perempuan yang sedang berbuat zinah. Hati mereka semua telah digelapkan oleh dosa-dosa mereka, sehingga apapun yang mereka lakukan berbuahkan dosa.

                Maka Yesus ingin orang banyak mengetahui apa yang menjadi misiNya di dunia ini. Yesus berkata: Akulah terang dunia. Yesus sendirilah yang menjadi sumber terang bagi orang-orang dunia ini. Maka Yesus menawarkan barangsiapa mengikuti Dia, maka ia/mereka akan berjalan dalam terang, tidak berjalan dalam kegelapan, karena pengikutNya akan mempunyai terang hidup.

                Terang melambangkan hidup, kesejahteraan, kegembiraan, sebaliknya gelap melambangkan kematian, kemalangan dan dukacita. Injil Yohanes berkali-kali mengkaitkan kata “hidup” untuk menegaskan pernyataan iman kepada Tuhan Yesus. Yesus adalah terang dunia, yang adalah (juga) terang hidup.

                Pernyataan Yesus tentang diriNya sebagai terang dunia ditentang oleh orang-orang Farisi, menurut mereka kesaksian Yesus tentang dirinya sendiri tidak dapat dibenarkan. Namun Yesus menjawab bahwa Ia tahu dari mana datangNya dan tahu kemana Ia akan pergi. Jawaban Yesus terhadap pertanyaan mereka merupakan penegasan bahwa Yesus adalah Anak Allah, Yesus menjadi saksi yang mengetahui rahasia Kerajaan Sorga.

                Pernyataan Yesus adalah terang dunia,  juga menunjukkan bahwa Yesus satu-satunya terang yang dapat membawa orang-orang dunia (orang-orang yang hidup dalam gelap) menuju kepada terang hidup dan memiliki hidup yang terang. Hal ini berarti juga bahwa tidak ada orang lain yang sanggup membawa / menjadi terang dunia selain Tuhan Yesus.

                Bagaimana dengan kita sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus? Sudahkah terang Yesus menerangi kehidupan kita sebagai anak-anak Allah. Benarkah kita sudah menjauhi kehidupan yang penuh dengan kegelapan atau penuh dosa. Mari kita buktikan kepada dunia bahwa kita memiliki terang hidup dan biarlah semakin banyak orang yang mendapatkan terang hidup melalui kita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«