suplemenGKI.com

Selasa, 27 April 2010

26/04/2010

Kisah Para Rasul 11:11-18

Pemberian Anugerah Keselamatan Adalah Inisiatif Tuhan

Ketika anda sangat mengingini sesuatu padahal sesuatu itu tidak mungkin anda bisa dapatkan walau anda harus melakukan berbagai upaya, karena memang tidak mungkin anda mendapatkanya. Satu-satu cara yang paling baik adalah anda hanya menanti untuk diberikan oleh yang mempunyai sesuatu tersebut. itulah namanya Anugerah.

Keselamatan adalah murni anugerah Allah, yang diberikan kepada setiap orang berdasarkan inisiatif Allah sendiri dan Allah berhak memberikanya kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Maka tidak ada orang yang bisa berpikir untuk mendapatkanya dengan kehendak sendiri atau tidak ada pula orang yang boleh menghalangi Allah untuk memberikanya kepada siapapun.

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Coba saudara cermati, apa maksud perintah Malaikat Tuhan menyuruh menjemput Petrus yang sedang berada di Yope untuk datang ke Kaisarea, padahal Petrus sedang pelayanan di Yope? (ay. 13-15)
  2. Menurut saudara, apa yang melatarbelakangi pernyataan Petrus dalam ayat. 17? Sebenarnya apa yang hendak Petrus jelaskan melalui pernyataanya itu? (ay. 18)

Renungan:

Sebenarnya di Kaisarea sedang terjadi suatu kegerakan kuasa Tuhan yang hendak melimpahkan anugerah keselamatan-Nya kepada orang-orang yang ada di Kaisarea, tepatnya di rumah salah seorang penduduk yang didatangi oleh Malaikat. Mereka menjadi bingung dan tidak mengerti maksud kehadiran Malaikat Tuhan  itu. Jika keadaan demikian dibiarkan begitu tanpa ada yang menjelaskan atau mengartikanya, ada kemungkinan mereka tidak akan paham bahwa sebenarnya Tuhan hendak mencurahkan anugerah keselamatan kepada keluarga tersebut.

Di saat demikian Allah mengambil inisiatif untuk menyatakan melalui hambaNya Petrus yang dijemput dari Yope untuk menyampaikan suatu berita keselamatan itu kepada mereka yang belum mengerti itu (ay.14-15) Maka ketika Petrus menyampaikan berita keselamatan seperti yang pernah dialaminya maka saat itulah orang lainpun mengalami anugerah keselamatan itu (ay. 16)

Seberapa banyak kita yang menyadari bahwa inisiatif Allah menyelamatkan manusia itu bisa melibatkan kita untuk mengkonfirmasikanya kepada orang yang telah siap menerima anugerah keselamatan dari Tuhan? Seringkali karena ketidakpekaan anak-anak Tuhan, maka inisiatif Allah untuk menyelamatkan orang melalui anugerahNya melalui anak-anak Tuhan itu menjadi terhambat.

Dalam ay. 17 Petrus sebenarnya hendak menunjukan bahwa seharusnyalah setiap orang percaya yang telah mengalami keselamatan dari anugerah Allah itu tidak justru menjadi penghalang inisiatif Allah untuk menyelamatkan orang dari dosa. Sadar atau tidak, ketika kita berdiam diri dan tidak mau mengambil bagian sebagai menyalur inisiatif Allah untuk menjadi pemberita kabar anugerah keselamatan kepada orang lain, pada saat itu kita sedang tidak memahami bahwa kita telah mengalami anugerah keselamatan dari Allah dalam diri kita. Dan pada saat itu juga kita secara tidak langsung telah mencegah orang mengalami anugerah Allah dalam hidupnya, dan kita berdosa kepada Tuhan.

Banyak orang merindukan ketenangan dan kedamaian melalui anugerah keselamatan dari Allah, tetapi siapa yang mau menjadi penyalur inisiatif Allah untuk menyampaikan kabar kedamaian dan ketenangan itu kepada mereka? (ay. 18) Andalah orangnya.

Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan

yang memimpin kepada hidup.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»