suplemenGKI.com

SETIA MELAKUKAN FIRMAN

Ulangan 4:1-2, 6-9

Pengantar
Latar belakang kisah ini adalah ketika Musa menceritakan bahwa dirinya tidak diperkenankan oleh Allah untuk memasuki tanah Kanaan (Ul. 3:23-29). Tuhan memilih Yosua untuk memimpin umat Israel untuk menyeberang sungai Yordan dan memasuki tanah Kanaan. Oleh sebab itu Tuhan memerintahkan Musa untuk menyampaikan pesan kepada Yosua untuk menguatkan dan meneguhkan hatinya. Renungan hari ini akan memberitahukan kepada kita pesan penting Musa kepada umat Israel sebelum masa kepemimpinannya diserahkan kepada Yosua. Mari kita renungkan!

Pemahaman

  • Ayat 1-2         : Nasehat apakah yang diberikan kepada Musa kepada bangsa Israel?
  • Ayat 6-9         : Mengapa bangsa Israel harus melakukan perintah Tuhan di hadapan bangsa-bangsa lain dan memberitahukan kepada anak cucu mereka?

Sebelum menyerahkan jabatannya kepada Yosua, Musa kembali mengingatkan peraturan yang harus dipegang oleh bangsa Israel sebelum memasuki tanah Kanaan. Ia memberikan nasehat kepada bangsa Israel untuk mendengar ketetapan dan peraturan yang telah ia ajarkan kepada mereka untuk dilakukan (Ay. 1). Dengan tujuan supaya mereka dapat hidup dan memasuki negeri yang diberikan oleh Tuhan kepada mereka. Musa juga menasehati kjuga untuk tidak menambahi dan mengurangi apa yang telah ia perintahkan kepada mereka. Karena dengan demikian mereka berpegang pada perintah dan ketetapan Tuhan (Ay. 2). Tugas umat hanyalah memperhatikan dan melakukannya. Setiap orang yang dengan sengaja menambahkan atau mengurangi sesuatu dari perkataan-perkataan fiman Tuhan, berarti menolak untuk tunduk sepenuhnya kepada Allah yang sudah menyatakan kehendak-Nya kepada manusia.

Bangsa Israel harus melakukan segala perintah dan ketetapan-ketetapan yang telah Tuhan berikan kepada mereka dengan setia di hadapan bangsa-bangsa lain yang ada pada waktu itu, dengan tujuan untuk menarik bangsa-bangsa lain kepada Tuhan dengan menunjukkan hikmat dan berbagai sukacita mengikuti jalan-jalan-Nya (Ay. 6). Menjalankan aturan dengan setia berarti berusaha mewujudkan komitmen dari dalam diri secara sungguh-sungguh. Orang yang berkomitmen adalah orang yang menjalani semua hal dengan sadar, tanpa paksaan dan tanpa menuntut pujian dari orang lain. Bangsa Israel juga diminta Tuhan untuk tidak boleh melupakan hal itu dan memberitahukan semua yang telah mereka alami bersama dengan Tuhan kepada keluarga mereka, kepada anak-anak, cucu dan cicit mereka semua. Karena generasi mereka yang selanjutnya itu harus memahami betapa dahsyat perbuatan Allah bagi bangsa Israel. 

Refleksi
Renungkan: Marilah kita berkomitmen untuk menundukkan diri sepenuhnya kepada Allah melalui ketaatan kita untuk melakukan firman-Nya dengan bersandar sepenuhnya pada pimpinan dan arahan dari Roh Kudus.

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya agar saya bisa tetap setia melakukan firman-Mu dalam segala keadaan yang saya alami

Tindakanku
Mengajak keluarga saya untuk membaca Alkitab bersama dan mensharingkan berkat apa yang saya terima dari firman Tuhan yang telah kami baca.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«