suplemenGKI.com

Bacaan            : Yesaya 2 : 6 – 22

Hari Tuhan

Pengantar
Selama hidup di dunia, manusia bebas untuk menentukan pilihannya, memilih untuk beriman kepada Tuhan atau tidak , juga bebas untuk berbuat, berbuat yang baik dan memuliakan Tuhan atau sebaliknya, melakukan kejahatan dan memberontak terhadap Kehendak Tuhan, Namun semua pilihan dan perbuatan manusia, pada suatu saat harus dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan, pada hari itu lah manusia akan mendapatkan ganjaran atas perbuatannya. Renungan hari ini akan memberi jawaban.

Pemahaman

  1. Mengapa Tuhan membuang umatnya? (Ayat 6-11)
  2. Apakah yang akan dilakukan Tuhan terhadap orang-orang sombong dan tidak beriman? (12-22)
  3. Bagaimana sikap mereka mengahadapi hari Tuhan?

Bacaan kita memberikan alasan mengapa Tuhan meninggalkan umat Nya sehingga umat Israel dikalahkan oleh Kerajaan Asyur, sedangkan Yehuda akan dikalahkan oleh Kerajaan Babel, Mereka (Umat) ditinggalkan Tuhan karena pelanggaran-pelanggaran mereka, dimana umat melakukan penyembahan-penyembahan berhala, yang mana hal itu menjadi kekejian di mata Tuhan, selain itu mereka (umat) cenderung mengejar harta dan perhiasan sebagaimana dilakuakn oleh orang Fasik dan Kafir. Mereka juga mencari keamanan / perlindungan dari manusia dan kekuatan militer orang asing.
Mereka adalah orang-orang yang sombong dan angkuh yang tidak lagi butuh Tuhan.
Lalu apa yang akan dilakukan oleh Tuhan pada hari Tuhan menyatakan kedahsyatan Nya?
Manusia yang sombong akan direndahkan, orang yang angkuh akan ditundukkan. Bahkan mereka akan mendapat hukuman dari Tuhan. Juga setiap umat yang tidak setia kepada Tuhan yang menyembah berhala tidak luput dari hukuman Tuhan.

Jadi, jika kita menyadari bahwa pada hari Tuhan menyatakan kedasyatan Nya, setiap orang bebal, fasik, berdosa tidak akan luput dari hukuman Tuhan, maka marilah kita menjaga hidup kita agar selalu setia dan percaya (beriman) kepada Tuhan saja. Supaya kita luput dari hukuman Tuhan.

Refleksi
Bertanyalah kepada diri sendiri, bagaimana saudara menjalani kehidupan ini? Apakah saudara menjaga kesetiaan Iman saudara? Apakah Saudara memilih untuk taat kepada keinginan duniawi atau taat kepada Tuhan?

Tekadkan
Ya Tuhan jagalah hidup saya agar saya dapat menjalani kehidupan saya dengan tetap beriman kepada Tuhan.

Tindakanku
Saya akan menjaga kesetiaan Imanku kepada Tuhan dengan rajin membaca Al Kitab, Berdoa, dan rajin ikut kebaktian.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«