suplemenGKI.com

Yosua 5:11-12

HIDUP YANG BERTANGGUNGJAWAB

Pengantar
Hidup dalam kemerdekaan adalah dambaan setiap orang. Demikian juga bangsa Israel. Mereka mendamba hidup bebas dari perbudakan. Perlu perjalanan panjang untuk dapat tiba di tanah merdeka. Meski harus melewati waktu yang panjang dan perjalanan yang penuh liku, mereka akhirnya tiba di tanah kemerdekaan. Bacaan kita memperlihatkan waktu setelah bangsa Israel merayakan Paska dan menjadi hari pertama buat mereka menikmati hasil dari negeri baru yang telah Tuhan janjikan kepada mereka. Dan itu menjadi saat di mana Allah tidak lagi memberikan manna karena mereka telah menikmati hasil dari tanah Kanaan. Inilah menjadi awal baru bagi bangsa Israel untuk hidup bertanggung jawab atas karunia yang Tuhan berikan kepada mereka.

Pemahaman

Ayat 11                                 Apa yang dimakan oleh orang Israel sehari sesudah Paskah? Apa maknanya bagi bangsa Israel?
Ayat 12                                 Apa yang terjadi setelah mereka makan makanan dari negeri Kanaan? Apa artinya bagi kehidupan bangsa Israel.

Paskah adalah peristiwa penting bagi bangsa Israel. Secara harafiah Paskah berarti melewati, melindungi, membebaskan, atau menyelamatkan (Ibr: pesakh). Saat merayakan Paskah, bangsa Israel merayakan keluarnya mereka dari tanah perbudakan, Mesir. Sehari setelah Paskah, bangsa Israel menikmati hasil dari tanah yang diberikan Tuhan kepada mereka. Makanan yang mereka nikmati adalah roti yang tidak beragi dan bertih gandum. Roti yang tidak beragi mengingatkan mereka pada waktu keluar dari Mesir semua terjadi terburu-buru hingga para perempuan tidak berkesempatan menunggu sehingga adonan roti itu menguak (Kel. 12: 14-20). Makanan ini juga mengingatkan mereka bahwa mereka adalah bangsa pengembara yang juga senantiasa disertai Tuhan.

Dengan menikmati makanan dari hasil di tanah Kanaan, negeri yang dijanjikan Tuhan, mereka memulai babak baru dalam kehidupan mereka. Oleh karena itulah, mereka tidak lagi menerima manna. Ketika Tuhan tidak lagi memberikan manna, bukan berarti Tuhan tidak lagi memberkati bangsa Israel, tetapi Tuhan memberikan tanggung jawab kepada bangsa Israel dengan mengolah hasil di tanah yang telah diberikan kepada mereka. Kehidupan baru di tanah pemberian Tuhan menuntut bangsa Israel untuk bertanggung jawab atas kehidupan mereka dengan mengelola apa yang Tuhan telah percayakan kepada mereka.

Bacaan ini mengingatkan kepada kita juga untuk hidup bertanggung jawab atas apa yang Tuhan berikan kepada kita. Tuhan memang memberikan kebebasan tapi kita juga diminta bertanggung jawab dengan mengelola apa yang Tuhan berikan kepada kita dengan baik. Bertanggung jawab berarti hidup dengan bijaksana dengan melakukan yang terbaik untuk Tuhan.

Refleksi
Apakah kita sudah mengelola setiap berkat yang Tuhan berikan dengan bertanggung jawab? Sungguhkah kita mau berlaku bijaksana dalam kehidupan yang Tuhan berikan?

Tekadku
Ya Tuhan, ajarlah kami berlaku bijaksana dan mampu bertanggung jawab dalam setiap berkat yang Tuhan karuniakan di dalam hidup.

Tindakanku
Selalu mengawali hari dalam doa dan perenungan Firman Tuhan sehingga tidak gegabah dalam menjalani hidup yang Tuhan karuniakan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«