suplemenGKI.com

Selasa, 27 Juli 2021

26/07/2021

Keluaran 16:6-8

 

“Sungut-Sungut Dibalas Dengan Berkat”

Pengantar:

Apa yang saudara lakukan kepada orang yang telah membicarakan hal-hal yang tidak  pantas terhadap saudara? Mungkin saudara pun akan melakukan hal yang sama terhadap orang tersebut atau paling tidak saudara akan marah dan jengkel terhadap orang tersebut. Itulah tindakan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang bahkan kita sendiri ketika kita diperlakukan dengan tidak benar oleh orang lain dengan tanpa alasan atau karena sesuatu yang tidak benar. Bacaan kita hari ini menunjukkan bahwa Tuhan tetap melakukan yang baik kepada bangsa Israel sekalipun mereka telah bersungut-sungut kepada-Nya.

Pemahaman:

  1. Mengapa Musa berkata “Petang ini kamu akan melihat kemuliaan Tuhan..?” (v. 6-7)
  2. Apa maksud Musa menegaskan bahwa Tuhan perbuat bagi umat Israel di ayat 8?

Kita menyadari bahwa memang tidak mudah untuk memberikan pengertian dan penjelasan kepada orang yang sudah terlanjur tidak mudah mengerti apalagi terkait dengan sesuatu yang tidak sesuai dengan ekspektasi atau harapannya. Itulah yang terjadi dengan bangsa Israel ketika mereka tidak menjumpai sesuatu yang mereka harapkan ketika mereka berada di padang gurun. Di mana mereka harus merasakan ketidaknyamanan dan kelaparan. Mereka begitu mudah untuk bersungut-sungut dan menyalahkan Musa dan Harun. Apa yang dikatakan oleh  Musa dan Harun di ayat 6-7 menunjukkan bahwa tidak mudah menjelaskan dan memberikan pengertian kepada umat Israel bahwa Tuhanlah yang membawa mereka keluar dari Mesir. Itu sebabnya Musa berkata “Petang ini kamu akan mengetahui….Dan besok pagi kamu akan melihat kemuliaan Tuhan…” Menunjukkan bahwa biarlah Tuhan saja dengan kedaulatan dan keajaiban-Nya yang menjelaskan kepada umat Israel bahwa mereka sebenarnya keluar dari Mesir adalah atas inisiatif dan kasih Tuhan demi kebaikan dan masa depan mereka untuk menjadi sebuah bangsa yang merdeka. Rupanya Musa dan Harun merasa sudah lelah terus-menerus dipersalahkan oleh umat Israel. Hal yang sangat indah adalah kasih Tuhan itu memang tidak bisa dikalahkan oleh sikap manusia yang degil, itu sebabnya sekalipun bangsa Israel selalu bersungut-sungut kepada Tuhan tetapi kasih Tuhan justru ditunjukkan-Nya dengan menyediakan apa yang dibutuhkan oleh umat-Nya. Inilah keajaiban dan indahnya kasih Tuhan yaitu tidak pernah dapat dikalahkan oleh sungut-sungut umat-Nya.

Refleksi:
Saudara, mari kita renungkan. Mungkin kita adalah orang-orang yang sering bersungut-sungut kepada Tuhan, tetapi pernahkah Tuhan menahan-nahan berkat-Nya bagi kita? Rasanya belum pernah. Mengapa? Karena kasih Tuhan tidak bisa dikalahkan oleh sungut-sungut kita.

Tekadku:
Tuhan Yesus, ampunilah saya karena ketika sesuatu terjadi tidak sesuai dengan harapan, saya begitu gampang bersungut-sungut kepada Engkau.

Tindakanku:
Saya mau belajar untuk tidak mudah bersungut-sungut kepada Tuhan ketika sesuatu terjadi tidak sesuai dengan harapan saya, karena dibalik apa yang tidak sesuai dengan harapan saya itu pasti ada rencana Tuhan yang indah bagi saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»