suplemenGKI.com

Selasa, 25 Mei 2021

24/05/2021

1 Korintus 12:12-27

KESATUAN DALAM KERAGAMAN

 

PENGANTAR
Pernahkah kita menyusun sebuah puzzle ? Atau menyusun sebuah balok Lego ? Pernahkah kita bertanya mengapa bentuk setiap bagian dari puzzle berbeda-beda ? Atau mengapa bentuk dan warna lego berbeda-beda ? Di salah satu stasiun televisi berbayar puzzle dan lego adalah permainan yang dipertandingkan dengan hadiah yang sangat besar. Puzzle dan lego adalah permainan yang tampak sederhana namun selalu menarik untuk dimainkan. Berbagai macam bentuk dan warna Puzzle dan Lego disusun sedemikian rupa menjadi sebuah benda yang bagus, menarik dan berwarna-warni.

PEMAHAMAN

Ayat 12-13    Apakah tubuh yang terdiri dari banyak anggota terpisah-pisah dan tidak memiliki keterikatan ? Siapakah yang telah mengikat dan                                                   mempersatukan ?

Ayat 14-24   Dapatkah masing-masing anggota tubuh berdiri sendiri-sendiri ? Apakah masing-masing anggota tubuh saling membutuhkan ?

Ayat 25-27   Apakah yang harus dilakukan dan dibangun oleh anggota-anggota tubuh Kristus sebagai persekutuan ?

Salah satu persoalan yang dihadapi Paulus di jemaat Korintus adalah penghargaan terhadap tubuh. Itulah sebabnya Paulus menjadikan tubuh sebagai analogi persekutuan jemaat. Paulus bermaksud memperlihatkan pentingnya tubuh bagi manusia. Tubuh terdiri dari banyak anggota. Ada mata, kaki, tangan, hidung, mulut dan lainnya. Semua adalah satu kesatuan. Sama seperti persekutuan jemaat yang terdiri dari latar belakang suku bangsa yang berbeda-beda semua adalah satu kesatuan.

Paulus dalam suratnya menjelaskan bahwa anggota-anggota tubuh tidak dapat berdiri sendiri, sebab masing-masing anggota tubuh terikat satu dengan yang lain. Mata membutuhkan telinga, kaki membutuhkan tangan, kepala membutuhkan leher dan lain sebagainya. Anggota-anggota tubuh memiliki fungsinya masing-masing, namun saling terikat dan saling menopang.

Oleh karenanya Paulus mengingatkan jemaat Kristen di Korintus agar mereka menyadari sepenuhnya bahwa mereka berbeda satu dengan yang lain. Namun hendaknya keragaman itu tidak menjadi penghalang kesatuan jemaat. Sebab Allah menciptakan semua orang berbeda, namun Allah jugalah yang telah mempersatukan mereka dalam persekutuan jemaat. Oleh karenanya mereka harus dapat hidup bersama, saling memperhatikan dan saling menopang dengan semangat solidaritas.

Hidup bersama dalam sebuah komunitas memang tidak mudah. Pada kenyataannya perbedaan seringkali memicu terjadinya konflik. Dalam persekutuan, konflik seringkali terjadi karena masing-masing anggota tidak menyadari peran dan fungsi serta keterikatan di antara mereka. Itulah sebabnya surat Paulus kepada jemaat Kristen di Korintus menjadi penting untuk direnungkan kembali.

REFLEKSI
Pada dasarnya manusia berbeda. Allah telah menciptakan manusia berbeda-beda satu dengan yang lain. Di dalam Yesus Kristus umat yang berbeda-beda dipilih dan ditebus untuk berada dalam satu persekutuan. Umat yang berada dalam satu persekutuan, di dalam kuasa Roh diperlengkapi dengan karunia yang berbeda-beda untuk melakukan pekerjaan dan kehendak Allah. Oleh karena itu segala perbedaan harus dapat diatasi karena secara mendasar umat terikat satu dengan lainnya dalam persekutuan.

TEKADKU
Ya Allah, mampukan kami hidup dalam persekutuan. Jangan biarkan perbedaan merusak persekutuan hingga menjadi batu sandungan bagi karya-karya-Mu di Gereja. Ajar dan tolong kami agar memiliki hikmat untuk menerima perbedaan dan menghormati perbedaan. Mampukan kami untuk selalu hidup saling memperhatikan, saling menopang dan saling menguatkan.

TINDAKANKU
Saling membantu dalam pelayanan di sektor atau di gereja. Saling membantu dalam keluarga. Saling memperhatikan tetangga di kiri kanan tempat tinggal.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»