suplemenGKI.com

Mazmur 23:1-4

 

Menanggalkan Kegelapan Mensyukuri Pemeliharaan-Nya

 

Pengantar
                Sudah sangat sering kita mendengar, membaca, bahkan mengakui Tuhan adalah Gembalaku. Apa yang sudah sering kadang dapat kehilangan maknanya. Karena itulah maka perenungan kita hari ini menjadi penting, agar kita dapat lebih menghayati apa arti Tuhan adalah Gembalaku.

Pemahaman
- Sejauh mana Saudara mengetahui hal-hal apa saja yang dilakukan para gembala di daerah Timur Tengah, khususnya Israel, bagi domba-domba gembalaannya?

- Coba Saudara daftarkan kebaikan Tuhan seperti apakah yang digambarkan dalam Mazmur 23:1-4 ini! Pernahkah Saudara merasakan kebaikan Tuhan seperti gambaran Pemazmur tersebut? Sudahkah Saudara bersyukur atas kebaikan-kebaikan Tuhan tersebut?

Untuk memahami kehidupan para gembala di Palestina, kita perlu memperhatikan gambaran yang diberikan oleh Barth dan Pareira dalam bukunya yang berjudul, “Kitab Mazmur: Pembimbing dan Tafsirannya”. Dalam buku tersebut Barth dan Pareira memberikan gambaran sebagai berikut: untuk mendapatkan sepetak tanaman hijau dibutuhkan perjalanan melewati seribu petak tanah yang berbatu-batu dan padang tandus di daerah Palestian itu, sehingga para gembala dan kawanannya harus mengembara antara gurun dan daerah pertanian. Mereka berpindah-pindah dari padang yang berumput pada musim semi, sesudah hujan turun dan yang kemudian hangus tandus pada musim panas ke lembah-lembah yang masih berair pada musim kemarau, lalu masuk ke daerah perladangan sesudah panen dikumpulkan. Seorang gembala harus mengenal setiap mata air, sumur, wadi dan sungai, memperhitungkan di mana masih terdapat rumput menurut musimnya, memelihara induk-induk domba yang bunting atau menyusui serta anak-anaknya yang belum dapat berjalan jauh, menolong binatang yang terluka pada batu-batu tajam dan duri, menghindari agar seekor kambing-domba jangan meninggalkan kawanan di perjalanan atau kalau takut guntur; juga gembala membela kawanan terhadap binatang buas dan pencuri.

Refleksi
Dari gambaran di atas kita dapat melihat betapa besar dan berat tugas yang diemban seorang gembala. Dan ketika kita memperhatikan dengan lebih seksama, maka kita juga akan melihat bahwa pemeliharaan gembala terhadap kawanan domba gembalaannya adalah pemeliharaan yang harus dibayar dengan perjuangan sang gembala. Seringkali kita kurang mensyukuri berkat dan pemeliharaan Tuhan, Sang Gembala, atas hidup kita. Kita gagal menyadari akan harga yang harus dibayar Kristus, Gembala kita.

Tekad
Doa: Tuhan, ajarlah saya untuk memahami betapa besar harga yang harus Engkau bayarkan untuk dapat menggembalakan, baik dalam bentuk pemeliharaan (pemberian berkat), penjagaan atas segala mara bahaya, maupun tuntunan dan panduan.

Tindakan
Membuat daftar tentang sepuluh karya penggembalan Tuhan dalam hidup saya, baik dalam bentuk pemeliharaan, (yaitu pemenuhan kebutuhan), penyertaan – yang meliputi penjagaan dari mara bahaya –  maupun dalam bentuk tuntunan dan panduan (mis. Memberikan jalan keluar atas masalah). Setelah itu, meluangkan waktu sepuluh menit untuk mensyukuri masing-masing karya-NYA tersebut.

 =====================================================================================

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«