suplemenGKI.com

LUKAS 2: 1-14

RENCANA ALLAH DAN KUASANYA

 

PEMAHAMAN

Upaya Lukas menghubungkan kelahiran Yesus dengan peristiwa sejarah tentu saja akan menolong para pembacanya untuk membuat perkiraan waktu kelahiran itu. Namun, ada aspek yang lebih penting dari itu. Kepada para pembacanya Lukas juga hendak menegaskan bahwa Yesus adalah tokoh sejarah. Yesus benar-benar lahir di dunia, di tengah-tengah sejarah manusia.

Di mata Lukas, sensus yang memaksa Yusuf pulang ke Bethlehem itu pun bukanlah suatu kebetulan. Melalui rangkaian peristiwa sejarah itulah Allah menggenapi nubuat yang disampaikan melalui nabi Mikha. Lukas mengajak kita melihat bahwa sejarah manusia tunduk terhadap rencana-Nya. Pemerintah Romawi dan situasi politik yang terkait pada waktu itu ternyata dipakai Tuhan untuk menggenapi janji-Nya.

Rencana Allah yang agung juga tidak mungkin dibatalkan oleh kelemahan manusia. Lukas menggambarkan kelahiran Juruselamat dengan cara yang sangat sederhana.Yang tersedia bagi bayi itu hanya palungan. Maria pun membungkus sendiri bayi itu dengan lampin. Di tengah kesederhanaan itulah Allah melaksanakan rencana-Nya. 

REFLEKSIKU
Berita yang disampaikan Lukas tentu juga penting untuk kehidupan kita masing-masing. Apalagi bagi kita yang sungguh-sungguh mengharapkan campur tangan Tuhan dalam dalam hidup kita. Ingatlah senantiasa bahwa Yesus juga lahir secara nyata dalam sejarah hidup Anda. Ingatlah bahwa Tuhan sanggup melaksanakan rencana-Nya di tengah kesederhanaan dan keterbatasan kita sebagai manusia. 

TEKADKU
Akan terus mengedepankan rencana Tuhan dan percaya pada kuasaNya untuk menggenapkan dalam hidupku dan hidup orang lain juga. Tidak dikuasai oleh keraguan dan kebimbangan, serta tidak lagi terus menonjolkan kekurangan dan keterbatasan diri sebagai alasan untuk tidak bersukacita dalam hidup ini. 

TINDAKANKU
Menemukan sedikitnya satu hal untuk disyukuri setiap hari, menemukan sedikitnya satu keajaiban setiap hari, sebagai bukti bahwa kita tetap meyakini hidup ini ada dalam rencana dan kuasa Allah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«