suplemenGKI.com

Kisah Para Rasul 2:39-41

KABAR KESELAMATAN BAGI SEMUA

 

Pengantar
Bagi siapakah keselamatan yang Allah kerjakan didalam Kristus? Sudahkah berita keselamatan disampaikan kepada masyarakat disekitar dimana gereja hadir? Semua pertanyaan itu menjadi penting untuk dijawab. Oleh karena kondisi saat ini memperlihatkan kehadiran gereja yang sangat eksklusif sehingga berita keselamatan tidak tersampaikan kepada masyarakat dimana gereja dihadirkan oleh Allah.

Pemahaman

Ayat 39-40           Berita apakah yang disampaikan Petrus didalam khotbahnya?

Ayat 41                 Apa yang terjadi setelah banyak orang mendengar khotbah Petrus?

Hal penting yang disampaikan Petrus didalam khotbahnya adalah bahwa keselamatan yang dikerjakan Allah melalui Kristus Yesus bukanlah diperuntukkan bagi sebagian orang namun bagi semua orang  (ayat 39-40). Hal ini disampaikan dengan maksud agar semua orang mengetahui bahwa Allah mengerjakan keselamatan dalam Kristus bukan hanya bagi bangsa Yahudi namun juga bangsa lain.

Petrus yang dipenuhi oleh Roh Kudus telah menjadi pusat perhatian banyak orang. Khotbahnya yang penuh kuasa menggerakkan para pendengarnya untuk memberi diri dibaptis (ayat 41). Alkitab mencatat bahwa jumlah pengikut Yesus pada hari raya Pentakosta menjadi tiga ribu jiwa.Hal ini tentu menjadi bukti bahwa kabar keselamatan merupakan berita yang dinantikan oleh semua orang.

Sudahkah umat menyadari bahwa kabar keselamatan merupakan berita yang dinantikan banyak orang dimasa sekarang? Disaat dunia semakin gelap oleh karena dosa.Allah menghendaki umat untuk menyatakan berita keselamatan kepada semua ciptaan. Menghadirkan damai sejahtera disaat dunia semakin kacau balau. Allah tidak menghendaki hanya sekelompok orang yang mendapat bagian dalam kerajaan-Nya. Allah telah memilih dan menetapkan kita menjadi alatNya agar berita keselamatan dapat diterima oleh orang lain

Refleksi
Apakah kita sepenuhnya sadar bahwa Allah menyatakan karya keselamatanNya kepada kita untuk sebuah rencana? Sudahkah kita tahu bahwa Allah merencanakan keselamatan bagi seluruh ciptaan? Sudahkah kita menjadi gereja yang memberitakan keselamatan bagi bangsa lain?

Tekadku
Ya Allah mampukan kami memberitakan injil keselamatan kepada dunia

Tindakanku
Belajar tehnik-tehnik memberitakan injil lewat program PPIP di gereja

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«